BERITA

Bansos, Jokowi Akui Masih ada yang Belum Terima

""Saya cek misalnya BLT desa itu baru yang diterima baru 10%, jadi mohon masyarakat yang masih menunggu, menanyakan pada aparat desa. ""

Resky Novianto

Bansos, Jokowi Akui Masih ada yang Belum Terima
Penayalura dana bansos di Kantor Pos Yogyakarta, Sabtu (9/5/2020). (Antara/Andreas)

KBR, Jakarta-  Presiden Joko Widodo memerintahkan jajaran Kementerian, pemerintah daerah, hingga aparatur desa untuk memperbaiki pendataan masyarakat penerima bantuan sosial (bansos) di tahap kedua bulan depan. Jokowi membenarkan bahwa bansos belum 100 persen selesai, sehingga masyarakat dimohon untuk bersabar menunggu.

Jokowi menyampaikan itu  saat mengecek pembagian bansos di Kota Bogor, Jawa Barat.

"Di sini (Kota Bogor) tahap pertama udah selesai. Tapi di tempat lain saya cek misalnya BLT desa itu baru yang diterima baru 10%, jadi mohon masyarakat yang masih menunggu, menanyakan pada aparat desa. Memang ada satu, dua, tiga, yang berkaitan dengan data. Itu masih belum bisa diperbaiki. Tapi nanti pada tahapan kedua bulan depan bisa diperbaiki lagi," ucap Jokowi saat memantaupembagian bansos di Kantor Pos, Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/5/2020).
 

Jokowi mengatakan bansos yang diberikan pemerintah bervarian, ada yang berupa program keluarga harapan (PKH), kartu sembako, bantuan sosial tunai, bantuan pangan non tunai (BPNT), hingga BLT desa. Jokowi berharap bansos tersebut, bisa menjangkau 55% dari total penduduk, baik dari kalangan kurang mampu maupun yang terkena dampak Covid-19.

Jokowi mengapresiasi kinerja dari pusat dan daerah yang berusaha keras menyuplai bansos, di tengah kondisi yang mendadak saat pandemi Covid-19.

"Dan kita harap dengan adanya bansos, kita bisa menguatkan, memperkuat daya beli masyarakat hingga nanti konsumsi domestik kita menjadi normal kembali. Itu yang kita harap. (Bila belum menerima?) Melapor kembali pada RT pada RW, sehingga bisa disusulkan karena masih ada cadangan bagi yang belum mendapatkan. Dan saya juga sangat senang, pusat (dan) daerah bisa kerja sama sangat baik meskipun ini juga sesuatu yang sangat mendadak," ujar Jokowi.


Sebelumnya, pagi ini (13/5) Jokowi mengecek langsung ke lapangan, pembagian bansos tunai pada masyarakat dan di kantor pos Kota Bogor. Jokowi menilai pembagian  berjalan dengan baik, dengan antrian yang tetap memperhatikan jaga jarak dan wajib mengenakan masker. Sebelum uang diberi, Jokowi melihat semua  tangan masyarakat dibersihkan dengan hand sanitizer.

Editor: Rony Sitanggang

  • Bansos
  • Airlangga Hartarto
  • bansos covid
  • Presiden Jokowi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!