BERITA

Dari 264 Juta Penduduk Indonesia, Petani Hanya Tinggal 4 Juta Orang

Dari 264 Juta Penduduk Indonesia, Petani Hanya Tinggal 4 Juta Orang

KBR, Jakarta - Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS), Muhammad Diheim Biru, menyebut kini jumlah petani hanya tinggal sekitar 4 juta orang.

Angka itu ia peroleh dari laporan angkatan kerja nasional yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) 2018.

Jumlah 4 juta jelas sangat kecil dibanding seluruh penduduk Indonesia yang berjumlah sekitar 264 juta orang.

Menurut data BPS yang dikutip Diheim, jumlah petani kini juga ada di level terendahnya dalam sepuluh tahun terakhir.

“Penurunan pekerja sektor pertanian ini berpotensi memengaruhi produksi komoditas pangan nasional,” jelas Diheim dalam rilisan pers, Jumat (24/5/2019).

Menurut Diheim, jumlah petani yang sangat minim memunculkan kekhawatiran bahwa produksi pangan tidak akan bisa mencukupi kebutuhan pasar.

“Kesenjangan antara jumlah produksi dengan jumlah permintaan inilah salah satunya yang menyebabkan tingginya harga komoditas pangan,” tambah Diheim.

CIPS juga menegaskan, berkurangnya pekerja di sektor pertanian perlu menjadi evaluasi pemerintah.


Petani Berkurang Akibat Tren Urbanisasi

Diheim menilai, turunnya jumlah petani salah satunya disebabkan oleh tren urbanisasi.

Urbanisasi ke Jakarta, misalnya. Menurut laporan Proyeksi Penduduk Indonesia 2010 – 2035 yang dirilis Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan BPS, sejak tahun 2010 lalu gelombang urbanisasi ke Jakarta sudah mencapai 100 persen, atau sudah mencapai batas daya tampung kota.

Menurut Diheim, urbanisasi banyak dilakukan kalangan muda dari pedesaan yang ingin memperbaiki taraf ekonomi mereka.

“Generasi muda yang tumbuh di pedesaan, khususnya mereka yang mendapatkan pendidikan sekolah secara formal, cenderung ingin mengejar pekerjaan yang berpotensi memberikan banyak penghasilan secara cepat, yang biasanya berasal di daerah perkotaan,” jelasnya.

Menurutnya, perkembangan lapangan kerja di kota membuat kalangan muda pedesaan tidak tertarik menjadi petani.

“Ketidaktertarikan mereka pada pekerjaan seperti bertani yang digeluti orang tua mereka di antaranya disebabkan oleh minimnya kesempatan untuk mengembangkan diri dan tidak dapat memenuhi kebutuhan ekonomi mereka,” tulisnya.


Swasta Perlu Ikut Membangun Pertanian

Diheim berpandangan bahwa demi menjaga kestabilan produksi pangan, perlu ada sistem yang bisa menekan urbanisasi dan menopang sektor pertanian.

“Laju urbanisasi sebaiknya ditekan melalui penggunaan teknologi pertanian yang lebih efisien, seperti penggunaan benih berkualitas baik dan alat pertanian terkini,” jelasnya.

Ia menyebut pihak swasta perlu ikut berperan membangun sektor pertanian, baik dari segi manajemen rantai pasokan dan distribusi pangan, maupun dalam hal pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Diheim pun berharap profesi petani bisa mendapat jaringan pasar yang lebih banyak dan penghasilan yang lebih besar.

  • petani
  • urbanisasi
  • pangan
  • pengendalian harga pangan
  • Jakarta
  • BPS
  • Bappenas

Komentar (2)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Dedik4 years ago

    Saya jadi bingung. Saya baca sebuah artikel luas lahan padi indonesia 14 jt hektar. Rata2 kepemilikan lahan per petani 0,3 hektar. Kemudian sy bagi 14 juta dg 0,3 ketemunya sekitar 46 juta petani. Sementara di artikel ini jumlah petani disebutkan hanya 4 juta. Sebuah perbedaan yg luar biasa. Coba pastikan dg benar2

  • Indana4 years ago

    Maaf sebelumnya, saya hanya merasa data yang disajikan diatas tidak sesuai dengan data BPS 2018 yang saya baca (setelah saya membaca artikel ini). Kecuali mungkin jumlah 4 juta orang tersebut diklasifikasikan dalam ranah yang lebih sempit seperti daerah, ataupun jenis pertaniannya. Jika data 4 juta tersebut disajikan untuk data petani secara global se Indonesia, saya rasa data diatas bisa dikatakan tidak valid. Karena data BPS 2018 yang saya baca, ada lebih dari 33 juta penduduk di Indonesia yang berprofesi sebagai petani. Bukan bermaksud tidak sopan, hanya saja, untuk memberikan informasi yang jauh dari kata benar, apa tidak sebaiknya dilakukan revisi/takedown terkait dengan artikel ini? Karena bisa saja ada yang menjadikan artikel ini sebagai bahan rujukan penelitian ataupun tugas, tetapi dengan data yang tidak sesuai diatas akan menimbulkan spekulasi berbeda untuk penelitian. Terima kasih saya sampaikan. Dan mohon maaf jika kata-kata saya diatas menyinggung penulis.