BERITA

Atap Gedung SD Ambrol, Dinas Pendidikan Cilacap Bentuk Tim Investigasi

"Bangunan dibuat tahun 2012 lalu. "

Atap Gedung SD Ambrol, Dinas Pendidikan Cilacap Bentuk Tim Investigasi
Ilustrasi atap gedung SD runtuh. Foto: Antara

KBR, Cilacap – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Cilacap, Jawa Tengah membentuk tim investigasi untuk menyelidiki ambruknya atap gedung SDN 01 Karangturi Kecamatan Kroya. Atap bangunan sekolah ini ambruk setelah diguyur hujan pada Selasa (26/5/2015) dinihari.

Kepala Dinas Disdikpora Cilacap, Warsono mengatakan bangunan tersebut masih terhitung baru, yakni dibangun pada 2012. Mestinya, kata dia, bangunan berumur tiga tahun masih kuat menahan hujan. Untuk itu, Dinas Pendidikan Cilacap membentuk tim investigasi untuk menyimpulkan penyebab ambrolnya atap.


"Langkah-langkah yang kami ambil  paginya, kemarin kami mengutus tim ke lapangan untuk mengumpulkan data-data bertemu dengan dinas terkai, soal  kejadian itu, termasuk bertemu dengan kepala sekolah untuk mengatahui kronologi kejadian itu. Kami bersyukur tidak ada korban jiwa. Perlengkapan semuanya sudah dikumpulkan dan diamankan. Setelah itu, informasinya atap bajanya tidak kuat menahan beban," kata Warsono, Rabu (27/5/2015).

Warsono menambahkan atap menimpa dua ruang, yakni ruang guru dan ruang kelas enam. Akibatnya, ruang kelas enam tidak bisa dipakai. Layanan sekolah dan kegiatan belajar mengajar sementara waktu dialihkan ke mushola. 

Tim Investigasi juga sudah memanggil rekanan yang membangun atap baja tersebut. Diketahui kemudian, masa garansinya masih 10 tahun. Namun, ia tidak mau berspekulasi penyebab ambrolnya atap hingga tim investigasi mendapat kesimpulan.

Warsono menandaskan apapun penyebab ambrolnya atap gedung, rekanan yang membangun atap baja harus  segera memperbaiki agar layanan dan kegiatan belajar mengajar tidak terganggu. Paling lambat pekan depan atap harus sudah mulai diperbaiki. 

Editor: Citra Dyah Prastuti 

  • Cilacap
  • Sekolah
  • SD
  • sekolah ambruk

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!