BERITA

PDIP: TNI dan Polri Buktikan Netralitasnya di Pemilu Kali Ini

"Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menilai TNI dan Kepolisian sudah bersikap netral dalam pemilu legislatif lalu."

PDIP: TNI dan Polri Buktikan Netralitasnya di Pemilu Kali Ini
Netralitas TNI, Pemilu, PDIP

KBR, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menilai TNI dan Kepolisian sudah bersikap netral dalam pemilu legislatif lalu. Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo mengatakan, sikap netral tersebut terlihat dari tidak adanya dominasi suatu partai di asrama atau daerah tempat tinggal keluarga tentara dan polisi.(Baca: Moeldoko: Parpol Tak Boleh Pinjam Gedung TNI untuk Kampanye) Menurutnya, ini jauh berbeda dengan dua pemilu sebelumnya.


"Juga terima kasih kami pada Kepolisian dan TNI yang menunjukan netralitasnya dengan baik. Kalau 2004 dan 2009 masih keliatan, asarama polisi dan tentara siapa yang menang. Tapi sekarang sudah mencair, semua partai politik menjadi pilihan seluruh asrama tentara dan kepolisian yang ada," kata Sekretaris Jenderal PDI-P Tjahjo Kumolo di KPU, Jumat (10/05).


Semalam, KPU mengumumkan secara resmi hasil rekapitulasi suara. Dalam hasil itu, PDI-P menang dengan 18% suara. PDI-P merupakan partai yang paling gencar menolak campur tangan tentara, polisi dan intelijen dalam pemilu. Ini terlihat dengan penolakan mereka terhadap kerjasama KPU dengan Lembaga Sandi Negara. Kedua lembaga itu sempat berencana menjalin kerjasama untuk penyaluran suara pemilu.


Editor: Sutami

  • Netralitas TNI
  • Pemilu
  • PDIP

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!