KPUD Bondowoso Gelar Rekapitulasi Ulang di Tiga TPS

KBR, Bondowoso - Ketua KPUD Bondowoso Hadi Esmanto mengatakan, rekapitulasi ulang ini dilakukan berdasarkan rekomendasi dari Bawaslu Provinsi Jawa Timur. Dalam rekomendasi tersebut Bawaslu menduga ada penggelembungan suara dan pencurian suara partai ke ca

BERITA

Sabtu, 03 Mei 2014 22:11 WIB

Author

Friska Kalia

KPUD Bondowoso Gelar Rekapitulasi Ulang di Tiga TPS

pemilu, rekapitulasi, suara, kpu, jppr

KBR, Bondowoso - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bondowoso, Jawa Timur menggelar rekapitulasi ulang di 3 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Mengok Kecamatan Pujer. Ketua KPUD Bondowoso Hadi Esmanto mengatakan, rekapitulasi ulang ini dilakukan berdasarkan rekomendasi dari Bawaslu Provinsi Jawa Timur. Dalam rekomendasi tersebut Bawaslu menduga ada penggelembungan suara dan pencurian suara partai ke caleg tertentu.

“Kami diperintahkan untuk melakukan rekapitulasi ulang di 3 TPS yaitu TPS 2,3, dan 4 Desa Mengok Kecamatan Pujer. Dari hasil rekap ulang apa yang diindikasikan oleh Bawaslu memang ada suara partai yang dipindah ke salah satu caleg,” kata Hadi Esmanto kepada sejumlah wartawan usai rekapitulasi ulang dilaksanakan, Sabtu (03/05) sore.

Dalam rekapitulasi ulang hari ini, KPUD Bondowoso kembali mendatangkan seluruh saksi partai politik, petugas PPK, PPS, KPPS, serta Panwaslu. Rekapitulasi ini dilakukan dengan membuka kotak suara dan membaca ulang form - C1 yang ada di 3 TPS tersebut.

Hasil rekapitulasi menunjukkan, indikasi kecurangan yang dilaporkan ke Bawaslu oleh relawan Caleg DPR RI Nomer urut 3, Abdul Hamid Wahid atas dugaan perpidahan suara parpol ke Caleg Nomer 4, Nashim Khan, benar adanya. Berdasarkan hasil rekapitulasi ulang suara PKB dari awalnya 22.241 menjadi 22.340.

Sementara suara caleg nomer urut 4 dari awalnya 16.813 menjadi 16.686 suara.Bawaslu juga menemukan indikasi kesalahan penulisan dalam formulir C1 yang dihapus. Namun, formulir asli C1 yang dimaksud, tidak ditemukan didalam kotak suara dari ketiga TPS tersebut.

Editor: Irvan Imamsyah

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Pesantren Khusus Disabilitas di Banyuwangi

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11