Dituding Ada Kecurangan, KPU Bondowoso Siap Rekapitulasi Ulang

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bondowoso, Jawa Timur, siap melakukan rekapitulasi ulang di 54 Tempat Pemungutan Suara (TPS) .

BERITA

Jumat, 09 Mei 2014 17:07 WIB

Author

Friska Kalia

Dituding Ada Kecurangan, KPU Bondowoso Siap Rekapitulasi Ulang

Kecurangan, KPU Bondowoso, rekapitulasi

KBR, Bondowoso – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bondowoso, Jawa Timur, siap melakukan rekapitulasi ulang di 54 Tempat Pemungutan Suara (TPS) .

Divisi Hukum KPU Bondowoso, Zuhro Affandi mengatakan, rekapitulasi ulang ini berdasarkan rekomendasi yang dikeluarkan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bondowoso, atas laporan tim pemenangan caleg DPR RI dapil 3 Abdul Hamid Wahid. Menurutnya, 54 TPS tersebut tersebar di 8 Desa dan 2 Kecamatan.

“Kemarin kami mendapat surat rekomendasi dari Panwas, yang intinya KPU diminta melakukan rekapitulasi ulang 54 TPS yang berada di Kecamatan Sempol dan Wonosari,” kata Zuhro Affandi saat ditemui di Kantor KPUD Bondowoso, Jum’at (9/5).

54 TPS tersebut diantaranya berada di Desa Kalianyar, Kaligedang, Kalisat, Pasarejo, Sumber Kalong, Plalangan, Traktakan dan Lombok Kulon. Menurut Zuhro, KPU Bondowoso siap melaksanakan rekapitulasi ulang di 54 TPS tersebut. Namun mengenai waktu pelaksanaan Rapat Pleno Rekapitulasi ulang bisa dilakukan, pihaknya masih menunggu instruksi dari KPU Provinsi.

“Saat ini Ketua KPU Bondowoso dan beberapa komisioner sedang berada di Surabaya untuk berkonsultasi dengan KPU Provinsi. Mengenai kapan rekapitulasi akan dilakukan, kita tunggu saja keputusannya,” imbuhnya.

Rekomendasi rekapitulasi ulang 54 TPS ini dikeluarkan setelah Tim Pemenangan Caleg DPR RI nomer urut 3, Abdul Hamid Wahid, melaporkan adanya dugaan penggelembungan dan pencurian suara yang dilakukan oleh caleg dengan nomer urut 4, Nasim Khan.

Hasil rekapitulasi ulang 3 TPS sebelumnya menunjukkan, indikasi kecurangan yang dilaporkan ke Bawaslu benar adanya. Berdasarkan hasil rekapitulasi ulang suara PKB dari awalnya 22.241 menjadi 22.340. Sementara suara caleg nomer urut 4 dari awalnya 16.813 menjadi 16.686 suara.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Penyangkal Iklim dan Bencana Alam

Pesantren Khusus Disabilitas di Banyuwangi

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12