BERITA

Di Perjanjian dengan Jokowi, JK Bertugas Buat Perdamaian di Papua

"KBR, Jakarta - Sebelum memutuskan PDI Perjuangan memasangkan Joko Widodo dan Jusuf Kalla untuk maju ke pemilihan presiden, ternyata ada perjanjian khusus antara mereka. Perjanjian itu berisi tugas-tugas masing-masing tokoh itu."

Pebriansyah Ariefana

Di Perjanjian dengan Jokowi, JK Bertugas Buat Perdamaian di Papua
jokowi, jk, presiden, pemilu

KBR, Jakarta - Sebelum memutuskan PDI Perjuangan memasangkan Joko Widodo dan Jusuf Kalla untuk maju ke pemilihan presiden, ternyata ada perjanjian khusus antara mereka. Perjanjian itu berisi tugas-tugas masing-masing tokoh itu.

Tim pemenangan Jokowi-JK, Eva Kusuma Sundari menjelaskan setidaknya ada 2 tugas utama JK menjadi wapres Jokowi nanti. Di antaranya melakukan komunikasi dengan parlemen dan mengatasi berbagai konflik di Papua.

"JK berkonsentrasi komunikasi dengan parlemen. Selain itu mengatasi berbagai konflik di Papua. Karena itu keahlian beliau. Berikutnya job desk yang jelas, jangan sampai masuk ke dalam hal-hal yang di luar perjanjian itu," jelas Eva, Selasa (20/5).

JK merupakan tokoh penting dalam menghentikan konflik bersaudara bertahun-tahun antara pemerintah RI dan Gerakan Aceh Merdeka di Nangroe Aceh Darrusalam. Pada 15 Agustus 2005, berhasil dicapai kesepakatan Helsinki yang menandai penegakan perdamaian di Aceh.

Perdamaian GAM-Indonesia disepakati setelah Aceh dilanda Tsunami. Ada 200 ribu korban jiwa. Ketika itu butuh suasana stabil di Aceh untuk mengembalikan kehidupan di sana. Alasan itu yang digunakan JK untuk mengajak Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ikut berperan dalam perdamaian itu.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • jokowi
  • jk
  • presiden
  • pemilu

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!