BERITA

Demokrat Kuasai Hampir Sepertiga Kursi DPR Papua

"Partai Demokrat mendominasi perolehan kursi DPR Papua dalam pemilu legislatif 2014 dengan jumlah 16 kursi."

Katharina Lita

Demokrat Kuasai Hampir Sepertiga Kursi DPR Papua
Demokrat, Kursi DPR Papua

KBR, Jayapura - Partai Demokrat mendominasi perolehan kursi DPR Papua dalam pemilu legislatif 2014 dengan jumlah 16 kursi. Berikut sejumlah partai yang memperoleh kursi di DPR Papua: PDI-P 7 kursi, Partai Golkar dan Gerindra 6 kursi, Hanura 5 kursi, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 4 kursi, Partai Nasional Demokrat 3 kursi, PAN 2 kursi, PKPI dan PPP 1 kursi dan PBB tak mendapatkan kursi. Sehingga jumlah anggota DPR Papua tahun ini 55 kursi.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua, Adam Arisoy mengatakan, dalam rapat pleno terbuka, penetapan hasil pemilihan umum perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPR Papua yang dilaksanakan hari ini (14/5), hanya PDI-P yang calonnya belum ditetapkan, sebab terlambat dalam melaporkan dana kampanye. Pihaknya memberikan ruang hukum, salah satunya ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Papua.

Dalam rapat pleno tersebut, PKS juga mengajukan penggantian salah satu calon yang diusungnya atas nama Danang Jaya, agar diganti oleh calon berikutnya yang memperoleh suara terbanyak. Sebab Danang Jaya telah mengundurkan diri dari PKS. 

“Mereka terlambat melaporkan dana kampanyenya. Ya, masih ada ruang hukum yang lain kan, Bawaslu kan ada. Ini kan proses aturan yang kita harus ikut. Partai lain bisa menepati waktu untuk melaporkan dana kampanyenya, PDIP kan agak lambat. Aturannya kan sudah jelas. Kursinya kan ada, tapi orangnya belum bisa ditentukan,” jelas Adam Arisoy.  

Sementara Anggota Bawaslu Papua, Anugrah Pata mengatakan, PDIP yang mengajukan keberatan dalam pleno penetapan kursi hari ini bisa mengajukan keberatan ke ruang sengketa dengan batas waktu tiga hari dari hari penetapan.

Data KPU setempat menyebutkan dari 55 orang yang telah ditetapkan oleh KPU, hanya 15 orang yang merupakan wajah lama dan 9 orang diantaranya adalah dari Partai Demokrat. Sedangkan perolehan kursi di parlemen tingkat provinsi ini mengubah kuota untuk keterwakilan perempuan dari tahun sebelumnya, Jika pada pemilu lalu ada lima perempuan di DPR Papua, pada periode ini bertambah menjadi enam perempuan, tiga diantaranya dari PDIP.

Editor: Anto Sidharta

  • Demokrat
  • Kursi DPR Papua

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!