BERITA

Komisioner KPU: Ada Caleg Ganda Lagi, Akan Langsung Kami Coret

Komisioner KPU: Ada Caleg Ganda Lagi, Akan Langsung Kami Coret
kpu, caleg ganda, hadar gumay, dicoret, jakarta

KBR68H, Jakarta - Partai Politik peserta pemilu sepertinya setengah hati menyiapkan calon legislatornya. Dengan deret tahapan pemilu yang sudah berjalan cukup lama, banyak nama dalam daftar legislator yang parpol tak lolos persyaratan. Dari hasil verifikasi tahap I yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU), sebanyak 4.701 berkas bakal calon anggota legislatif (caleg) dinyatakan tak memenuhi syarat. Kenapa banyak daftar caleg yang memenuhi persyaratan? Simak perbincangan penyiar KBR68H Agus Luqman dan Rumondang Nainggolan dengan Komisioner KPU Pusat Hadar Gumay dalam program Sarapan Pagi

Sepertinya banyak partai tidak serius dalam menyerahkan DCS kemarin ya?

Pastinya saya tidak tahu apakah serius atau tidak serius. Jadi memang hanya ada sekitar 20,18 persen, jadi 1.327 itu yang memang calon-calon dari berbagai partai dokumennya sudah lengkap betul. Sedangkan kurang lebih 80 persen itu masih bermasalah, ini yang repot ada 549 sama sekali tidak ada. Jadi baru disampaikan namanya saja di dalam daftar, tetapi dokumen pendukung masing-masing dari 549 ini tidak ada sama sekali. Kalau yang 80 persen itu beragam, ada yang hampir lengkap, sedikit, dan seterusnya. Tapi kami harus memeriksa satu dokumen saja tidak ada maka kami nyatakan tidak memenuhi syarat walaupun yang lain sudah.
 
Apakah nanti ada perbedaan perlakuan kepada mereka terkait dengan persyaratan administrasi atau disuruh melengkapi sampai tanggal 22 nanti?

Tidak ada perbedaan perlakuan semua harus melengkapi selengkap-lengkapnya. Jadi tidak ada lagi sedikitpun kurang, semua harus lengkap dan betul isinya. Karena tidak ada waktu lagi memperbaiki, jadi kalau pada saat nanti kami periksa ada yang tidak memenuhi syarat gara-gara satu saja maka calon itu tidak ada di DCS.

Dua minggu harus memeriksa, bagaimana mengantisipasi ini?

Itu sudah tugas kami, kami sudah terbiasa. Ingat waktu verifikasi partai politik dokumennya lebih banyak lagi. Silahkan saja kami tunggu di dalam masa dua minggu ke depan, kami minta jangan bolak-balik jadi mengembalikannya sekali saja. Siapkan betul kemudian datanglah ke kantor nanti akan kami layani.

Berdasarkan peraturan mereka yang mencalonkan diri harus menyertakan surat pernyataan mundur dari jabatan, kemudian tidak rangkap jabatan, dan seterusnya. Sudah terpetakan berapa banyak yang sudah menyertakan surat pernyataan-pernyataan semacam itu?

Di dalam dokumen masing-masing partai politik yang kami berikan kemarin sudah kelihatan. Misalnya yang latar belakangnya adalah kepala daerah, calon kepala daerah, kepala desa, termasuk dari partai politik lain.

Banyak yang tidak menyertakan surat pernyataan?

Jadi kalau itu belum mereka harus menyatakan. Saya ingin menginformasikan tentang pencalonan perempuan, kami menghargai partai-partai politik kelihatannya sudah sebagian besar hanya tinggal 1-3 dapil saja yang pencalonan perempuannya belum terpenuhi 30 persen. Saya kira ini satu kabar baik dimana partai politik kelihatannya serius sekali mematuhi aturan affirmative action ini. Jadi saya kira mari kita angkat jempol terhadap mereka, tinggal yang administrasi saja yang masih kurang dokumen-dokumen itu harus mereka rapihkan.

Bagaimana untuk caleg ganda?


Kami temukan ada 24 caleg ganda dan potensi caleg ganda. Yang sudah pasti ganda itu ada 4 sedangkan sisanya potensi. Ini sudah kami infokan kepada partai politik untuk mereka perbaiki, silahkan saja. Kalau masih kami temukan ganda barulah kami coret langsung.     

  • kpu
  • caleg ganda
  • hadar gumay
  • dicoret
  • jakarta

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!