Polri Jamin Tak Ada yang Dapat Lolos dari Sekat Larangan Mudik

"Semua sinergi kompak untuk melakukan langkah-langkah penyekatan secara menyeluruh. Baik penyekatan di perbatasan provinsi antarprovinsi, kabupaten antarkabupaten, semua kita lakukan penyekatan."

BERITA | NASIONAL

Kamis, 08 Apr 2021 19:27 WIB

Author

Wahyu Setiawan

Polri Jamin Tak Ada yang Dapat Lolos dari Sekat Larangan Mudik

Ilustrasi larangan mudik di masa pandemi COVID-19. (Foto: ANTARA/Polresta Sidoarjo)

KBR, Jakarta - Kepala Korlantas Polri Istiono menjamin tidak akan ada warga yang bisa lolos dalam penyekatan larangan mudik Lebaran tahun ini.

Ia memastikan, jajarannya bersama instansi lain akan melakukan pengecekan secara ketat dan menyeluruh.

Istiono mengatakan ada 300-an titik penyekatan yang akan didirikan di perbatasan provinsi maupun kabupaten/kota.

Kendaraan-kendaraan yang tidak masuk pengecualian larangan perjalanan, akan diminta putar balik. Namun ia memastikan, jajarannya akan mengedepankan upaya persuasif dan humanis.

"Saya pastikan tidak ada yang lolos. Karena kita bangun 333 titik, berdasarkan evaluasi dari mudik tahun lalu. Tahun lalu kita bangun 146 titik. Tahun ini kita bangun 333 titik dan sudah kita koordinasi dengan instansi terkait semua. Semua sinergi kompak untuk melakukan langkah-langkah penyekatan secara menyeluruh. Baik penyekatan di perbatasan provinsi antarprovinsi, kabupaten antarkabupaten, semua kita lakukan penyekatan," kata Istiono dalam konferensi pers secara daring, Kamis (8/4/2021).

Istiono menjelaskan, kepolisian akan menggelar Operasi Ketupat 2021 selama momen larangan mudik. Dari 300-an titik penyekatan, kepolisian akan menitikberatkan pada jalur mudik Lampung hingga Bali.

Sebelum operasi larangan mudik itu, kepolisian akan menggelar operasi keselamatan pada 12 hingga 27 April.

Operasi dilakukan untuk mensosialisasikan peniadaan mudik. Istiono berharap masyarakat sadar untuk tidak melakukan perjalanan pada masa larangan mudik 6-17 Mei 2021.

"Ini benar-benar kita berharap kesadaran masyarakat untuk tidak mudik," pungkasnya.

Pemerintah resmi melarang mudik Lebaran tahun 2021. Keputusan itu diambil usai rapat koordinasi tingkat menteri. Larangan mudik berlaku untuk seluruh masyarakat pada 6-17 Mei 2021.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Jurus Investasi Reksadana Antitekor

Kiat Asyik Tegakkan Prokes saat Rayakan Hari Raya

Kabar Baru Jam 7

Upaya Mencegah Penyebaran Covid-19 Klaster Idulfitri