WHO: 6 Kandidat Vaksin Covid-19 Siap Uji Coba Manusia

Uji coba kandidat vaksin rata-rata akan rampung pada akhir 2020 sampai pertengahan 2021. Tapi, itu baru uji coba fase awalnya saja.

BERITA | INTERNASIONAL

Kamis, 23 Apr 2020 14:36 WIB

Author

Adi Ahdiat

WHO: 6 Kandidat Vaksin Covid-19 Siap Uji Coba Manusia

Warga Palestina menggunakan berbagai jenis pelindung wajah untuk mencegah penularan Covid-19, April 2020. (Foto: ANTARA/REUTERS)

KBR, Jakarta- Jumlah kandidat vaksin penangkal Covid-19 terus bertambah. Menurut laporan WHO, sampai Kamis (23/4/2020) sudah ada 83 kandidat vaksin yang sedang dikembangkan di seluruh dunia.

Sebanyak 77 di antaranya masih dalam tahap Pra-Klinis, yakni baru sebatas diteliti di tabung reaksi kimia atau hewan percobaan.

Sedangkan 6 di antaranya sudah memasuki Uji Klinis atau siap diujicobakan ke manusia. Berikut nama dan gambaran umum kandidat vaksinnya.

1. Adenovirus Type 5 Vector

2. LNP-Encapsulated mRNA

3. DNA Plasmid Vaccine Electroporation Device

4. ChAdOx1

  • Dikembangkan University of Oxford dari Inggris.
  • Sudah memasuki Uji Klinis Fase 1/2, uji coba manusia skala kecil sampai sedang, yang menggabungkan pengetesan dosis vaksin dan efek samping.
  • Uji cobanya diperkirakan rampung pada Mei 2021.

5. Inactivated

6. Inactivated+alum


Berita Terkait: PBB: Hanya Vaksin yang Bisa Hentikan Pandemi Covid-19


Kapan Dunia Punya Vaksin Covid-19?

Berdasar laporan di atas, uji coba kandidat vaksin Covid-19 rata-rata akan rampung pada akhir 2020 sampai pertengahan 2021.

Namun, itu baru uji coba Fase 1, Fase 1/2, atau Fase 2 saja.

Menurut panduan WHO, setelah itu mereka masih harus melakukan Uji Klinis Fase 3, serta menjalani beberapa studi evaluasi lanjutan sebelum vaksinnya bisa diproduksi massal dan didistribusikan secara meluas.

Dengan begitu, sampai sekarang nampaknya belum ada perkiraan pasti kapan vaksin Covid-19 akan hadir di dunia.

Editor: Sindu Dharmawan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Memotret Realitas Pekerja Migran lewat Dokumenter

Soal Cegah Arus Balik

Kabar Baru Jam 10