covid-19

Baru Didata! 153 Dusun di Kalbar, Masuk Kawasan Hutan

Pendataan, salah satunya, digunakan untuk dilaporkan kepada KPK

BERITA

Senin, 11 Apr 2016 18:52 WIB

Baru Didata! 153 Dusun di Kalbar, Masuk Kawasan Hutan

Ilustrasi (www.dephut.go.id)

KBR, Pontianak- Dinas Kehutanan Kalimantan Barat memastikan 153 dusun dan desa di provinsi Kalimantan Barat, masuk ke dalam wilayah kawasan hutan. Kepala Dinas Kehutanan setempat, Marcellus TJ kepada KBR, Senin (04/11/2016), mengatakan ratusan dusun dan desa itu masuk ke dalam kawasan hutan lindung, produksi terbatas dan produksi tetap.

“Yang sudah kita identifikasi itu baru 153 berada di kawasan hutan dengan rincian, sebanyak 37 dusun dalam kawasan hutan lindung. Sebanyak 20 dusun di kawasan hutan produksi terbatas dan sebanyak 96 dusun berada di dalam kawasan produksi tetap. Sedangkan, fakta di lapangankan bisa lebih,”ujar Marcellus TJ kepada KBR di Pontianak, Senin, 11 April.

Marcellus melanjutkan, pihaknya masih mendata hampir seratusan dusun lainnya, mengingat data selama dua tahun terakhir menyebut 242 dusun dan desa, masuk ke dalam area hutan. Proses pendataan yang juga mengenai aset milik pemerintah. Semisal kawasan yang belum ditetapkan sebagai kawasan hutan.  

Marcellus TJ menambahkan, pendataan ini dilakukan agar pemprov memiliki data yang akurat, juga sebagai bahan yang akan dilaporkan kepada KPK terkait pengelolaan kehutanan. Data ini, semisal, bisa digunakan sebagai dasar hukum jika terdapat kasus sengketa antara pemprov dengan pihak lain. 

Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Fasilitas Jalan Aman di Indonesia

Menyorot Klaster Covid-19 pada Pembelajaran Tatap Muka

Kabar Baru Jam 10