Seribuan PemilihTiga Dusun di Aceh Rawan Golput

KBR68H,Lhoksumawe

BERITA

Senin, 07 Apr 2014 22:18 WIB

Author

Erwin Jalaluddin

Seribuan PemilihTiga Dusun di Aceh Rawan Golput

aceh, golput, pemilih


KBR68H,Lhoksumawe – 1.384 pemilih di tiga Dusun pedalaman di Desa Leubok Pusaka, Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara, rawan gagal memberikan hak pilihnya dalam pemilihan umum (pemilu) 9 April. Mereka terancam kehilangan suara akibat terisolir meliputi Dusun Ketok, Karang Baru dan Sarah Raja. (Baca: Polda Aceh Tolak Penundaan Pemilu di Aceh)


Anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara, Muhammad Sayuni membenarkan, tiga Dusun didaerah itu terputus total. Kata Dia, untuk dapat memilih warga ditiga dusun itu harus menggunakan jasa kapal boat nelayan atau rakit, menyebrangi arus sungai Krueng Arakundo tiba ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang membelah Kabupaten Aceh Utara dengan Aceh Timur.

” Ada satu Gampong (Desa) Leubok Pusaka ada empat Dusun, dan TPS berada di dusun Pante Bidari. Sedangkan, Dusun Ketok gak ada TPS, Dusun Karang Baru dan Sarah Raja. Dan, tiga Dusun ini harus naik boat atau perahu melewati sungai untuk mencapai Dusun Pante Bidari dititik adanya TPS, ” jelas Sayuni Sabtu (7/4).

Anggota KIP Aceh Utara Sayuni menambahkan, Desa Leubok Pusaka merupakan kawasan paling terpencil di Kabupaten Aceh Utara. Berjarak sekitar 45 Kilometer arah bagian tengah Kota Lhokseumawe.

Editor: Nanda Hidayat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Mahkamah Konstitusi Gelar Sidang Perdana, Perselisihan Hasil Pemilu

10 Tahun UU Narkotika: Seperti Apa Implementasinya?

Sidang Perdana Sengketa Pemilu

Cek Fakta: Misleading Content KPU Panik

What's Up Indonesia