Bagikan:

KPU Targetkan Pemilu Susulan di Yahukimo Digelar Lusa

Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menuntaskan pengiriman logistik surat suara ke-19 distrik di Yahukimo, Papua, hari Kamis ini (10/4). Sehingga pemilu legislatif di sana bisa digelar pada 12 April mendatang.

BERITA

Kamis, 10 Apr 2014 21:25 WIB

KPU Targetkan Pemilu Susulan di Yahukimo Digelar Lusa

KPU, Pemilu Susulan, Yahukimo

KBR68H, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menuntaskan pengiriman logistik surat suara ke-19 distrik di Yahukimo, Papua, hari Kamis ini (10/4). Sehingga pemilu legislatif di sana bisa digelar pada 12 April mendatang.

Anggota KPU bidang Logistik, Arief Budiman mengatakan, dari 36 distrik di Yahukimo yang sebelumnya gagal menggelar pemilu legislatif kemarin, 17 diantaranya sudah menerima surat suara. Arief juga menambahkan, lembaganya  gagal mengirim surat suara ke 19 distrik ke sana karena terkendala cuaca.

"Hari ini untuk Yahukimo terutama. Daerah-daerah yang kemarin distribusi logistiknya sempat terhambat. Untuk Musirawas dan Sikka sudah bisa diselesaikan. Tinggal 19 distrik di Yahukimo saja yang didistribusikan hari ini,” kata Anggota KPU, Arief Budiman, Kamis (10/4).

Anggota KPU bidang Logistik, Arief Budiman menambahkan, ribuan surat suara yang hilang di Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah dipenuhi oleh KPU. Ia mengklaim, tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Sikka bahkan sudah menggelar pemilu susulan hari ini.

Sebelumnya KPU menerima laporan bahwa surat suara untuk 900 pemilih di Sikka hilang. Sedangkan surat suara di Musirawas, Sumatera Selatan rusak akibat banjir. Ini menyebabkan daerah tersebut batal menggelar pemilu legislatif kemarin.

Waktu Terakhir Pencoblosan Ulang


Sementara, soal pemilu legislatif ulang di sejumlah wilayah,  Arief Budiman mengatakan bakal digelar palng lambat 13 April mendatang. Tanggal tersebut dipilih karena bertepatan dengan hari Minggu. Sehingga KPU berharap partisipasi warga untuk Pemilu ulang tetap besar.

Ia menambahkan, tiap daerah pemilhan (dapil) memiliki seribu surat suara cadangan. Sehingga jika jumlah pemilih lebih dari seribu maka harus menunggu pengadaan surat suara dari KPU Pusat.

"Besok sudah kita mulai lakukan pengadaan. Besok sudah tanggal 11. Harapan kami tanggal 12 surat suara sudah sampai di kabupaten/kota. Kemudian tanggal 13 mereka sudah bisa melakukan pemungutan suara," kata Arief Budiman.

Anggota KPU bidang Logistik, Arief Budiman menambahkan, sejumlah daerah belum menetapkan jadwal pemungutan suara ulang karena mengkhawatirkan logistik dari pusat tidak sampai pada waktunya.

Namun Arief menegaskan semua TPS harus menggelar Pemilu ulang paling lambat 15 April. Atau ketika rekapitulasi suara sudah sampai di tingkat kabupaten. Hingga sore tadi, KPU mencatat ada 118 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 14 provinsi di Indonesia yang bakal menggelar Pemilu ulang karena surat suaranya tertukar.

Editor: Anto Sidharta

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Most Popular / Trending