BERITA

Jelang Pileg, Warga Balikpapan Pasang Tarif Jual Beli Suara

"KBR68H Jakarta "

Teddy Rumengan

Jelang Pileg, Warga Balikpapan Pasang Tarif Jual Beli Suara
pileg, balikpapan, tarif

KBR68H, Balikpapan – Di tengah politisasi uang yang diberikan untuk mencari suara terbanyak dari para Caleg, kondisi berbeda terjadi di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Menjelang Pemilu Legislatif 9 April 2014 sejumlah warga Balikpapan, Kalimantan Timur justru menjual suaranya kepada para calon legislatif.
Kontributor KBR68H di Balikpapan,Teddy Rumengan melaporkan besaran tarif yang ditentukan oleh warga ini berjenjang yakni dari harga Rp. 300 ribu per orang hingga Rp. 500 ribu per orang.

Harga Rp. 500 ribu untuk satu suara anggota DPR RI, harga Rp. 400 ribu untuk satu suara DPRD tingkat 1 serta Rp. 300 ribu untuk DPRD provinsi dan Kota. Kondisi ini menunjukkan bahwa pola politik uang di Pemilu 2014 berbeda dengan Pemilu sebelumnya.

"Di Balikpapan karena masyarakatnya sudah aktif dan langsung memasang tarif maka transaksi bisa dilakukan.” Teddy Rumengan, (7/4).

Kontributor KBR68H Teddy Rumengan dalam laporannya menambahkan sementara saat Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) setempat menurunkan sekitar 121 personil guna mengantisipasi politik uang yang dilakukan menjelang pencoblosan.


Editor: Luviana

  • pileg
  • balikpapan
  • tarif

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!