Cawapres Jokowi Sudah Ketemu?

Nama Jusuf Kalla adalah yang paling besar atau paling kerap dipasangkan dengan Jokowi, dengan angka pencocokannya sebanyak 80 persen. Dan hanya 10-20 persen yang memasangkan JK dengan ARB dan Prabowo.

BERITA

Jumat, 25 Apr 2014 18:15 WIB

Author

Heru Hendratmoko

Cawapres Jokowi Sudah Ketemu?

cawapres jokowi, abraham samad, jusuf kalla, mahfud md, prabowo

Siapa calon wakil presiden pendamping Jokowi? Pertanyaan ini bertebaran di publik. Lewat media massa dan media sosial, nama-nama cawapres berseliweran. Padahal DPP PDI Perjuangan maupun Jokowi hingga saat ini masih belum pernah menyebut satu nama pun.

Tapi dari data statistik pemberitaan dan percakapan yang berhasil direkam Awesometrics dalam sepekan menunjukkan ada tiga nama terpopuler yang digadang-gadang sebagai cawapres. Mereka adalah Jusuf Kalla yang mendapat mentions tertinggi baik di media massa maupun media sosial, disusul Mahfud MD di posisi kedua, dan Abraham Samad di posisi ketiga.

Di media massa, nama Abraham Samad masih kalah jauh dibanding Hatta Rajasa sebagai cawapres. Bahkan dibanding dengan Rhoma Irama, Muhaimin Iskandar, Dahlan Iskan, dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Tapi di media sosial, nama Abraham Samad jauh lebih populer dibandingkan Hatta Rajasa, Rhoma Irama, Muhaimin Iskandar, dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai cawapres. Jumlah mentions Abraham Samad beda tipis dengan Dahlan.

Menurut Awesometrics, baik media massa umum maupun media sosial memang lebih banyak menjodohkan para cawapres ini dengan capres Jokowi.

Nama Jusuf Kalla adalah yang paling besar atau paling kerap dipasangkan dengan Jokowi, dengan angka pencocokannya sebanyak 80 persen. Dan hanya 10-20 persen yang memasangkan JK dengan ARB dan Prabowo.

Sedangkan pemasangan nama Abraham Samad dengan Jokowi meraih 60 persen, Abraham Samad dengan Prabowo 30 persen, dan sisanya Abraham Samad dipasangkan dengan ARB.

Sementara itu melalui pesan pendek yang beredar hari ini, disebut-sebut Jokowi sudah menemukan pasangan yang akan ia ajak bertarung dalam pemilu 9 Juli nanti. Tak jelas dari mana sumber pesan pendek itu.

Bunyinya adalah: "Pernah jadi menteri, tapi bukan di era SBY. Orang ini dekat tapi jauh. Cerdas dan di usia muda sangat berprestasi. Tidak pakai kaca mata. Kuliahnya di AS. Jago banget keuangan dan pasar modal. Agama Islam. Pernah menjadi bintang rekstrukturisasi keuangan diawal 90an. Orang ini amat dekat dengan jokowi, bahkan dalam rapat2 kemenangan Bukan: Anggito Abimanyu, Abraham Samad, Dahlan Iskhan, Faisal Basri, Gita Wiryawan, Isran Noor, Iwan jaya Azis, JK, Rizal Ramli. Bukan Sri Mulyani I, tapi SMI takut banget sama dia, karena pinteran dia ke mana mana. Bukan Pensiunan Jendral. Bukan Trah Soekarno. Bukan orang Partai. Bukan militer. Bukan orang akademis. Dijamin kejutan, dan media akan terkecoh. Siapakah dia?"

Anda bisa menebak?

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 10

What's Up Indonesia

Kabar Baru Jam 8

Penyalahgunaan Narkoba di kalangan Pelajar dan Mahasiswa Meningkat, Penerapan Regulasi Tidak Tepat Sasaran

Kabar Baru Jam 7