Tidak Miliki Vaksinator, Nakes Tiga Kabupaten di Papua Belum Divaksinasi Korona

"Ini pemerintah juga dorong terus dari kabupaten/kota untuk terus memberikan sosialisasi, khusus untuk tenaga nakes"

BERITA | RAGAM | NUSANTARA

Senin, 01 Mar 2021 10:37 WIB

Author

Arjuna Pademme

Tidak Miliki Vaksinator, Nakes Tiga Kabupaten di Papua Belum Divaksinasi Korona

Ilustrasi: Kabid P2P Dinkes Papua dr. Aaron Rumainum saat menyuntikkan vaksin COVID-19 ke lengannya sendiri, Rabu (13/1/2021) di Jayapura. (Antara)

KBR, Jayapura-   Tenaga kesehatan atau nakes yang bertugas pada tiga kabupaten di Papua  belum divaksin covid-19. Penyebabnya daerah itu belum memiliki petugas vaksinator.

Ketua harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Papua, William Manderi mengatakan daerah yang belum melaksanakan vaksinasi terhadap nakes pada tahap pertama ini, yakni Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Tolikara, dan Kabupaten Lanny Jaya.
Kata dia, vaksinator di tiga daerah ini sedang dilatih. 

Rencananya pelaksanaan vaksinasi terhadap nakes dilakukan pada awal Maret ini. Satgas mendorong semua kabupaten/kota di wilayahnya, segera merampungkan vaksinasi tahap awal, terhadap para nakes sebelum pemberian vaksinasi tahap kedua dilaksanakan pada Maret 2021.

"Ini pemerintah juga dorong terus dari kabupaten/kota untuk terus memberikan sosialisasi, khusus untuk tenaga nakes ini. Sehingga dari tenaga nakes ini ketika memenuhi target atau kuota yang ditentukan dalam vaksinasi ini, maka tahap berikut akan dilaksanakan. Karena yang penting sekarang ini di tahap awal ini adalah naekes ini," kata William Manderi, Senin (1/3/2021).

Satgas Penanganan Covid-19 Papua berharap, setiap pemerintah daerah di sana berkomitmen merampungkan vaksinasi tahap pertama di wilayahnya, sebelum pemberian vaksin tahap kedua dimulai.

William mengatakan, kini satu kota dan 25 kabupaten di Papua telah melaksanakan vaksinasi terhadap tenaga kesehatan.  Hingga pekan lalu, jumlah nakes yang telah divaksinasi di Papua mencapai  11.968 orang.

Menurutnya, pada tahap kedua nakes yang akan menerima vaksin ditargetkan sebanyak 2.989 orang.

Satgas Penanganan Covid-19 Papua berharap, setiap pemerintah daerah di sana berkomitmen merampungkan vaksinasi tahap pertama di wilayahnya, sebelum pemberian vaksin tahap kedua dimulai.


Editor: Rony Sitanggang


Redaksi KBR juga mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Ramai-ramai Mudik Dini

Ramadan (Masih) dalam Pandemi Covid-19

Kabar Baru Jam 8

Disability Right Fund (DRF) Mitra Disability People Organisation (DPO)