BERITA

WHO: Sudah Ada 50 Kandidat Vaksin Covid-19

WHO: Sudah Ada 50 Kandidat Vaksin Covid-19

KBR, Jakarta- Ilmuwan dari berbagai negara terus berupaya membuat vaksin penangkal Covid-19. Dan sekarang, dunia sudah punya 50 kandidat vaksinnya.

Daftar lengkapnya bisa dilihat di laporan organisasi kesehatan dunia WHO yang dirilis pekan lalu (21/3/2020).

Berdasar laporan WHO, dari seluruh kandidat vaksin Covid-19 yang ada sekarang, ada dua kandidat yang menunjukkan progres paling tinggi, yaitu:

    <li><i><b>LNP-encapsulated mRNA</b></i>: dikembangkan oleh Moderna, perusahaan bioteknologi asal Amerika Serikat, dan;</li>
    
    <li><i><b>Adenovirus type 5 vector</b></i>: dikembangkan oleh Cansino Biological Inc, perusahaan bioteknologi asal Cina.</li></ol>
    

    Dua kandidat vaksin itu sudah memasuki tahap Uji Klinis Fase 1, artinya sudah bisa diujicobakan ke manusia dalam skala terbatas.

    Sementara 48 kandidat vaksin Covid-19 lainnya masih berada di tahap Pra-Klinis, artinya baru sebatas diteliti di tabung reaksi laboratorium atau di tubuh hewan percobaan.

    Berita Terkait: Pembuatan Vaksin Corona Butuh Waktu 18 Bulan

    Meski sudah ada banyak kandidat vaksin Covid-19, WHO menegaskan belum ada satupun yang rampung dan layak diedarkan secara massal.

    "Dokumen (laporan) ini disusun oleh WHO hanya untuk menginformasikan penanganan global 2019-2020 tentang virus Korona. Produk produk yang tercantum dalam laporan ini tidak boleh dianggap sudah mendapat persetujuan atau pengesahan dari WHO," tegas WHO dalam laporannya.

    Editor: Sindu Dharmawan

  • covid-19
  • vaksin
  • vaksin corona
  • virus corona
  • WHO
  • LNP-encapsulated mRNA
  • Adenovirus type 5 vector

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!