Sembuh dari COVID-19, 1 WNI ABK Kapal Pesiar Dipulangkan Kamis dari Jepang

"Sekarang tidurnya di hotel di Jepang, yang membiayai perusahaan. Sudah dibelikan tiket pesawat dan besok akan melaksanakan penerbangan dari Jepang menuju Jakarta."

BERITA | NASIONAL

Rabu, 04 Mar 2020 23:31 WIB

Author

Heru Haetami

Sembuh dari COVID-19, 1 WNI ABK Kapal Pesiar Dipulangkan Kamis dari Jepang

Penumpang melihat ke luar dek kapal pesiar Diamond Princess saat berlabuh di Yokohama, Jepang, Rabu (12/2/2020). (Foto: ANTARA/Reuters/Kim Kyung-Hoo)

KBR, Jakarta - Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan satu Warga Negara Indonesia (WNI) anak buah kapal (ABK) Diamond Princess Jepang yang positif terinveksi Covid-19 dinyatakan sembuh.

Yurianto mengatakan, Kamis (5/3/2020) besok, ABK tersebut akan dipulangkan ke Indonesia dengan seluruh biaya ditanggung oleh pihak perusahaan.

"Hari ini satu orang lagi dinyatakan sembuh dan dikeluarkan dari rumah sakit. Sekarang tidurnya di hotel di Jepang, yang membiayai perusahaan. Sudah dibelikan tiket pesawat dan besok akan melaksanakan penerbangan dari Jepang menuju Jakarta," kata Yurianto kepada media, di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Achmad Yurianto mengatakan setibanya di Indonesia, WNI tersebut tetap akan dikarantina. Meski begitu, lokasinya observasi tidak dilakukan di Pulau Sebaru seperti ABK lain yang telah dahulu dipulangkan.

Namun demikian, Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Kementerian Kesehatan itu tidak membeberkan lokasi yang akan digunakan untuk karantina dan observasi WNI tersebut.

"Kita sudah diberitahu nanti setelah sampai di Jakarta akan kita jemput dan akan kita karantina, kita observasi. Tempatnya nanti akan ditentukan. Yang pasti tidak di Pulau Sebaru," katanya.

Selain seorang ABK yang sembuh, saat ini dua ABK lainnya juga dinyatakan negatif pada pemeriksaan lima hari pertama.

Meski demikian, kedua ABK tersebut masih harus menunggu satu hasil pemeriksaan. Jika dinyatakan terbebas dari Covid-19, maka keduanya akan dipulangkan.

Dengan demikian dari 9 WNI orang WNI ABK Diamond Princess yang positif terinveksi Covid-19, sudah empat orang dinyatakan sembuh.

"Ada dua orang lagi yang sudah diperiksa lima hari pertama, hasilnya negatif. Artinya dia dua hari yang akan datang diperiksa lagi. Kalau keduanya negatif, maka dua hari yang akan datang mereka akan pulang," ungkap Yurianto

"Berarti kalau ditotal maka yang pertama ikut rombongan garuda, yang kedua sendirian besok. Kemudian ditambah lagi dua orang yang akan menunggu hasil, artinya empat yang pulang. Berarti tinggal lima orang," tungkasnya.

Editor: Agus Luqman 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Pemerintah Akui Penerapan PSBB di Daerah Sulit

Kabar Baru Jam 17