Selamatkan dari Dampak Corona, Pemerintah Klaim Siapkan Insentif UMK

"(Yang harus diringankan adalah) beban-beban misalnya penangguhan yang sifatnya itu cicilan,"

BERITA | NASIONAL

Rabu, 25 Mar 2020 04:11 WIB

Author

Astri Septiani

Selamatkan dari Dampak Corona, Pemerintah Klaim Siapkan Insentif UMK

Wakil Presiden Ma'ruf Amin usai menyampaikan keterangan tentang penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta, Senin (23/3/2020). Antara/ Aditya Pradana Putra.

KBR, Jakarta- Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengklaim pemerintah saat ini tengah merumuskan insentif bagi para pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) yang terdampak corona. 

Ia pun menyebut Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah merumuskan kebijakan relaksasi itu.

Menurut Ma'ruf, pemerintah saat ini masih menginventarisir nilai dan jumlah penerima.

"(Yang harus diringankan adalah) beban-beban misalnya penangguhan yang sifatnya itu cicilan, dan juga insentif-insentif lainnya. UMK ini sangat terdampak dengan adanya corona ini karena itu mereka juga harus diselamatkan supaya mereka bisa tidak mati, bisa berlanjut," kata Maruf (24/3/20).

Di sisi lain pemerintah sedang melakukan sejumlah strategi jaring sosial dengan memberikan bantuan langsung kepada masyarakat miskin dan rentan. 

Adapun penerima dari bantuan ini mencapai 15,2 juta penerima manfaat. Sementara itu, menurut Ma'ruf, kategori penerima bantuan adalah kelompok masyarakat berpenghasilan harian, kelompok masyarakat berpenghasilan rendah dan harian (sektor informal).

Editor: Ardhi Rosyadi 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 12

Ancaman Gangguan Mental di Masa Pandemi Covid-19

Dukung Penanganan COVID-19 dengan Bernyanyi

Kabar Baru Jam 11