Cegah Virus, GMF Disinfeksi Pesawat Garuda dan Citilink

"GMF telah melakukan proses disinfeksi untuk 19 pesawat Garuda Indonesia dan 13 pesawat Citilink Indonesia."

BERITA | NASIONAL

Jumat, 06 Mar 2020 18:28 WIB

Author

Adi Ahdiat

Cegah Virus, GMF Disinfeksi Pesawat Garuda dan Citilink

Ilustrasi: Pesawat Garuda Indonesia. (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta - PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk (GMF) melakukan disinfeksi atau pembersihan untuk mencegah penyebaran Coronavirus Disease-2019 (Covid-19).

"Terhitung sejak Januari 2020, GMF telah melakukan proses disinfeksi untuk 19 pesawat Garuda Indonesia dan 13 pesawat Citilink Indonesia," kata Direktur Utama GMF Tazar Marta Kurniawan kepada Antara, Jumat (6/3/2020).

Berita Terkait: Riset: SARS CoV-2 Bisa Menempel di Ruangan, Tapi Bisa Hilang dengan Disinfektan

Direktur Utama GMF Tazar Marta Kurniawan menyebut disinfeksi juga dilakukan untuk pesawat-pesawat dari negara terdampak Covid-19 yang melakukan perawatan di GMF.

"Untuk pesawat di luar afiliasi Garuda Group ada 18 pesawat dari maskapai internasional yang berasal dari delapan negara yang berbeda-beda," terang Tazar.

Pembersihan atau disinfeksi itu dilakukan di seluruh area yang bersentuhan langsung dengan penumpang di pesawat, seperti toilet, tempat duduk, hingga overhead compartment di dalam kabin.

"Kami paham risiko tertular pada saat proses disinfeksi sangatlah tinggi, untuk itu pengawasan akan kesehatan dan keselamatan personel menjadi hal yang kami perhatikan pada kesempatan pertama," ujar Tazar.

Petugas yang melakukan disinfeksi diwajibkan memakai alat perlindungan diri yakni sarung tangan, masker sekali pakai, serta baju khusus.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Wabah Corona

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17