Cegah Corona, Stasiun Kereta Bakal Disemprot Disinfektan Tiap Hari

"Kita melakukan ini bukan karena teman-teman wartawan hadir, jadi sudah berlangsung beberapa hari dan sehari sekali dilakukan," kata Menteri BUMN.

BERITA | NASIONAL

Kamis, 12 Mar 2020 19:23 WIB

Author

Wahyu Setiawan

Cegah Corona, Stasiun Kereta Bakal Disemprot Disinfektan Tiap Hari

Petugas menyemprot cairan disinfektan di Stasiun Gambir, Jakarta, untuk mencegah penyebaran Covid-19, Kamis (12/3/2020). (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta - Semua stasiun kereta akan disemprot disinfektan setiap hari untuk meminimalkan penyebaran Coronavirus Disease-2019 (Covid-19).

Menurut Menteri BUMN Erick Thohir, instruksi itu sudah disampaikan Presiden Jokowi dan sudah dijalankan sejak beberapa hari belakangan.

Sore ini, Erick meninjau penyemprotan disinfektan di Stasiun Gambir, Jakarta, bersama Kepala BNPB Doni Monardo.

"Ini salah satu hal yang positif kalau kita bisa bersatu. Di sini kita bisa buktikan, kami dari BUMN, dengan BNPB, TNI, Polri, dan pemerintah daerah, kita coba me-minimize risiko-risiko, apalagi ini kan tempat publik yang sangat crowded yang banyak orang. Oleh karena itu kita melakukan hal ini," ucap Erick di Stasiun Gambir, Jakarta, Kamis (12/3/2020).

"Kita melakukan ini bukan karena teman-teman wartawan hadir, jadi sudah berlangsung beberapa hari dan sehari sekali dilakukan," lanjutnya. 


Berita Terkait: Riset: SARS CoV-2 Bisa Menempel di Ruangan, Tapi Bisa Hilang dengan Disinfektan


Bandara, Mal, dan Masjid Juga Bakal Disemprot Disinfektan

Di kesempatan sama, Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan penyemprotan disinfektan ini tak hanya dilakukan di area stasiun, namun juga akan menyasar tempat publik lain seperti bandara, pelabuhan, mal, dan tempat ibadah. 

Doni mengungkapkan, saat ini pemerintah memprioritaskan antisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah Jawa, Bali, Sulawesi Utara, dan Batam.

"Dan kita berharap kegiatan ini bisa dilakukan melalui tingkat kelurahan, tingkat desa, dan melibatkan partisipasi masyarakat sebanyak mungkin agar lingkungan kita semuanya bisa dalam keadaan bersih," kata Doni.

Editor: Ardhi Rosyadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 19