CDC: Cara Terbaik Menghadapi Pandemi, Jaga Jarak dan Jaga Kebersihan

"NPIs (rangkaian tindakan preventif) adalah salah satu cara terbaik untuk mengendalikan pandemi flu, selama vaksin belum ditemukan."

BERITA | NASIONAL | INTERNASIONAL

Kamis, 12 Mar 2020 15:06 WIB

Author

Adi Ahdiat

CDC: Cara Terbaik Menghadapi Pandemi, Jaga Jarak dan Jaga Kebersihan

Ilustrasi: Menjaga kebersihan tangan dan lingkungan merupakan salah satu cara mencegah penyebaran virus. (Foto: Pixabay)

KBR, Jakarta - Organisasi kesehatan dunia WHO menyatakan Coronavirus Disease-2019 (Covid-19) sebagai pandemi atau wabah global.

Sampai Kamis siang (12/3/2020), kasus Covid-19 sudah menyebar ke 118 negara, menginfeksi lebih dari 126 ribu orang, dan menewaskan sekitar 4 ribu orang.

Kendati lebih dari 68 ribu pasien sudah dinyatakan sembuh, tapi vaksin spesifik untuk melawan virus jenis baru ini belum ditemukan.


Ini Bukan Kasus Pandemi Pertama

Jauh sebelum kasus Covid-19 muncul, dunia sudah beberapa kali dilanda wabah penyakit berskala global.

Menurut catatan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), lembaga kesehatan pemerintah Amerika Serikat, dalam seratus tahun terakhir sudah ada empat pandemi selain Covid-19, yakni:

  • Tahun 1918: pandemi virus influenza H1N1, menewaskan sekitar 20 juta orang
  • Tahun 1957: pandemi virus H2N2, menewaskan sekitar 1,1 juta orang
  • Tahun 1968: pandemi virus H3N2, menewaskan sekitar 1 juta orang
  • Tahun 2009: pandemi virus H1N1, menewaskan sekitar 500 ribu orang

Belajar dari kasus-kasus tersebut, CDC menilai salah satu cara efektif menghadapi pandemi ialah Nonpharmaceutical Interventions (NPIs), yakni strategi pencegahan penyebaran virus tanpa obat, dengan cara menjaga kebersihan dan membatasi interaksi antarmanusia.

"NPIs adalah salah satu cara terbaik untuk mengendalikan pandemi flu, selama vaksin belum ditemukan," jelas CDC di situs resminya.


NPIs: Jaga Jarak dan Jaga Kebersihan 

Nonpharmaceutical Intervensions (NPIs) berisi serangkaian tindakan preventif yang bisa dilakukan secara individual maupun bersama-sama. Berikut paparan singkatnya.

Tindakan Preventif Individu:

  • Tetap berdiam di rumah ketika mengalami gejala sakit
  • Saat batuk dan bersin, tutupi mulut dengan tisu
  • Cuci tangan dengan sabun atau cairan pembersih

Tindakan Preventif Komunitas:

  • Social distancing, menjaga jarak saat berinteraksi dengan orang lain, baik di sekolah, kantor, atau area publik lainnya.
  • Closures, menutup sementara fasilitas publik seperti sekolah atau kantor, serta menunda kegiatan massal seperti konferensi, festival, acara olahraga, dan sebagainya.

Tindakan Preventif Lingkungan:

  • Membersihan lingkungan secara rutin, baik lingkungan rumah, kantor, sekolah, atau area publik lainnya.
  • Pembersihan rutin perlu dilakukan pada objek-objek yang sering disentuh orang, seperti gagang pintu, pegangan tangga, meja, toilet, dan sebagainya.
  • Mengedukasi masyarakat agar waspada saat menyentuh objek-objek di area publik. 

"NPIs adalah rangkaian tindakan, terpisah dari upaya pengobatan, yang bisa membantu menahan penyebaran penyakit seperti pandemi influenza," jelas CDC di situs resminya.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17