Berkunjung ke Indonesia, Raja Belanda Bawa Serta Pengusaha Besar

"Di kawasan Eropa Belanda merupakan mitra dagang Indonesia terbesar kedua, mitra investasi terbesar pertama, dan mitra pariwisata terbesar keempat."

BERITA | NASIONAL

Selasa, 10 Mar 2020 12:49 WIB

Author

Dwi Reinjani

Berkunjung ke Indonesia, Raja Belanda Bawa Serta Pengusaha Besar

Presiden Jokowi dan Raja Belanda Willem Alexander memeriksa pasukan di Istana Bogor Selasa (10/3). (Antara)

KBR, Jakarta-  PresidenJoko Widodo menyambut kunjungan Raja dan Ratu Belanda, King Willem Alexander dan Queen Maxima di Indonesia. Jokowi mengatakan Belanda merupakan rekan bisnis terbaik di Eropa.

Jokowi mengatakan sangat senang karena dalam kunjungannya ini, Raja Willem membawa serta pengusaha-pengusaha besar di Belanda.

“Belanda adalah salah satu mitra penting Indonesia di Eropa, salah satu mitra strategis di bidang perdagangan, investasi dan pariwisata. Di kawasan Eropa Belanda merupakan mitra dagang Indonesia terbesar kedua, mitra investasi terbesar pertama, dan mitra pariwisata terbesar keempat. Saya menyambut baik kunjungan Sri Baginda yang juga disertai pengusaha Belanda dalam jumlah yang besar.” Ujar Jokowi, di Istana Bogor, Selasa (10/03/2020).

Dalam kunjungan ini, Jokowi mengatakan pemerintah Indonesia dan Belanda telah menandatangani beberapa kerja sama dalam bidang produksi kelapa sawit berkelanjutan,  serta pengelolaan dan pengendalian penyakit menular.

“Selain itu sejumlah kerja sama antar bisnis juga dilakukan dengan nilai yang cukup besar mencapai kurang lebih 1 miliar USD.” Ujar Jokowi.

Selain itu Jokowi juga mengatakan, hubungan baik Indonesia dan Belanda memang tidak bisa menghapus sejarah, bahwasannya Indonesia pernah dijajah oleh mereka. Namun dari pengalaman tersebut, Jokowi mengatakan menjadi sebuah pelajaran dan pengalaman agar hubungan pertemanan dan bisnis dengan Belanda semakin erat dan saling percaya. 

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Pemerintah Akui Penerapan PSBB di Daerah Sulit

Kabar Baru Jam 17