BERITA

48 Ribu Pelaut Indonesia Bakal Dapat Program Sertifikasi Gratis

"'Meski mereka sudah pernah melaut beberapa lama, tapi mereka tidak secara otomatis mendapat sertifikat. Mereka harus bayar untuk mendapat sertifikat,' kata Menteri Perhubungan."

48 Ribu Pelaut Indonesia Bakal Dapat Program Sertifikasi Gratis
Ilustrasi pelaut wanita Indonesia. (Foto: ANTARA)

KBR, Pati - Kementerian Perhubungan berencana melakukan kegiatan sertifikasi terhadap puluhan ribu pelaut di Indonesia, secara gratis.

Sertifikasi gratis itu akan dilakukan melalui program sekolah advokasi sebagai upaya peningkatan kapasitas dan kemampuan para pelaut.


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan program sekolah advokasi itu rencananya akan menyasar sekitar 48 ribu pelaut dari seluruh Indonesia untuk sertifikasi secara gratis. Selama ini, kata Budi Karya, para pelaut mengeluhkan mahalnya biaya untuk mendapatkan sertifikasi pelaut.


"Meski mereka sudah pernah melaut beberapa lama, tapi mereka tidak secara otomatis mendapat sertifikat. Mereka harus bayar untuk mendapat sertifikat. Nah sekarang mereka tidak perlu membayar (gratis)," kata Budi Karya dalam kunjungan ke Pelabuhan Rakyat Juwana, Pati, Kamis (23/3/2017).


Khusus untuk Jawa Tengah, akan ada jatah dua ribu pelaut yang bisa mengikuti program sekolah advokasi selama satu bulan di Semarang untuk memperoleh sertifikat profesi secara gratis.


Salah seorang pelaut asal Sulawesi yang tengah bersandar di Pati, Muhammad Khaerudin menyambut baik rencana sertifikasi gratis itu. Selama ini, kata Khaerudin mengatakan biaya untuk mendapatkan sertifikasi pelaut sangat mahal.


"Pokoknya susahlah cara mengurusnya. Mahal sekali, sampai Rp5 jutaan itu. Kalau sebelumnya kan cuma Rp400 ribu hingga Rp500 ribu, tapi sekarang dinaikkan lagi," kata Khaerudin.


Kementerian Perhubungan berharap setelah selesai mengikuti program sekolah advokasi dan mendapatkan sertifikat, para pelaut mampu meningkatkan kemampuannya, dari yang semula anak buah kapal, bisa menahkodai kapal-kapal di laut lepas.


Baca: Ketika ABK Indonesia Nihil Perlindungan  


Editor: Agus Luqman 

  • Budi Karya Sumadi
  • menteri perhubungan
  • sertifikasi profesi
  • pelaut

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!