BERITA

Presiden Kaget Bebas Visa dari Indonesia Cuma 15 Negara

Visa (ilustrasi)

KBR, Jakarta – Presiden Joko Widodo kaget mengetahui Indonesia baru membebaskan visa bagi kunjungan dari 15 negara. 

Kata Jokowi Indonesia sudah tertinggal jauh dengan negara lain yang sudah memberi bebas visa bagi turis dari seratusan negara. Oleh karena itu, untuk meningkatkan pariwisata, minggu lalu pemerintah menambah fasilitas bebas visa bagi 30 negara.

“(Negara) tetangga kita bukannya sudah sampai 160 negara, kita kemarin baru 15 (bebas visa). Saya juga kaget lho. Saya pikir juga sudah 100-an atau 50, ternyata baru 15. Sehingga kemarin kita putuskan setelah melalui seleksi seleksi-seleksi dan kalkulasi, tambah 30, nanti tambah lagi, nanti tambah lagi. Ya negara lain berani 150 juga keamanannya nggak terganggu. Bandingin aja negara lain 160 kita baru 15,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Kamis (19/3).

Jokowi menambahkan, Indonesia tak perlu khawatir dengan ancaman keamanan jika turis dari negara lain banyak berdatangan karena bebas visa. Ia meminta imigrasi dan kepolisian lebih siap jika pemerintah meningkatkan lagi bebas visa untuk negara lain. 

Sebelumnya pemerintah mengeluarkan enam kebijakan untuk menyelamatkan kurs rupiah. Salah satunya adalah memberlakukan bebas visa bagi turis dari 30 negara lain. Menteri  Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan Indonesia juga berharap negara yang diberikan bebas visa dari Indonesia memberlakukan hal yang sama untuk turis Indonesia di negaranya. “Kita tetap upayakan,” kata Retno. 

Editor: Anto Sidharta 

  • Visa
  • Jokowi
  • bebas visa

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!