Tersisa Sepekan untuk Bersihkan 400 Ribu Data Pemilih Bermasalah

KBR68H, Jakarta - KPU akan membersihkan 400 ribu pemilih dengan Nomor Induk Kependudukan NIK bermasalah dalam seminggu. NIK invalid atau bermasalah itu berarti tercatat ganda di dua tempat berbeda atau lebih.

BERITA

Minggu, 23 Mar 2014 03:23 WIB

Author

Rio Tuasikal

KPU, Pemilu, pemilih, DPT, NIK

KBR68H, Jakarta - KPU akan membersihkan 400 ribu pemilih dengan Nomor Induk Kependudukan NIK bermasalah dalam seminggu.


NIK invalid atau bermasalah itu berarti tercatat ganda di dua tempat berbeda atau lebih.

Anggota KPU Hadar Nafis Gumay mengatakan pihaknya sedang berkoordinasi dengan KPU daerah untuk membetulkan data ini.

"Terakhir itu tinggal 400 ribu. (Akan diselesaikan dalam satu minggu?) Ya kami harus upayakan semaksimal mungkin dalam waktu yang tersisa," kata Hadar saat dihubungi KBR68H, Sabtu (23/3) malam.

KPU telah memperbaharui data pemilih berulang kali. Pada November tahun lalu, ada 12 juta pemilih dengan NIK invalid. Sebulan setelahnya tersisa 4 juta pemilih dengan NIK invalid. Meskipun KPU sudah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT), KPU masih disibukkan dengan banyaknya pemilih ber-NIK ganda maupun invalid.

Selain berkomunikasi dengan KPU Daerah, KPU pusat juga terus berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri untuk memperbaiki data ini.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Ramadan Kelabu Korban Gempa Malang

Kabar Baru Jam 7

Maqam Ibrahim: Mengaji Artefak Arkeologi

Kebebasan dalam Berpakaian

Kabar Baru Jam 8