BERITA

Minim, Fasilitas Pemilih Tunanetra di Pemilu 2014

"KPU Kota Surakarta mengakui keterbatasan fasilitas untuk penyandang tunanetra dalam Pemilu 2014 mendatang."

Minim, Fasilitas Pemilih Tunanetra di Pemilu 2014
Minim, Fasilitas Pemilih, tunanetra, Pemilu 2014

KBR68H, Surakarta - KPU Kota Surakarta mengakui keterbatasan fasilitas untuk penyandang tunanetra dalam Pemilu 2014 mendatang.

Anggota KPU Kota Surakarta, Pata Hindra mengatakan, KPU hanya menyediakan template atau format huruf braille pada surat suara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk pemilih dari tunanetra.

“Kalau untuk surat suara DPR, DPRD Propinsi, dan DPRD kota, kami tidak menyediakan template braille. Kalau pun dibuat templete braille ya mungkin akan kesulitan secara teknis. Kan karena masing-masing daerah pemilihan itu calegnya banyak dan beragam,” jelas Pata Hindra Kantor KPU.

Lebih lanjut Pata mengungkapkan, para pemilih penyandang tuna netra dalam Pemilu mendatang bisa menggunakan hak pilihnya dengan dibantu keluarga dekat atau petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).Sementara, untuk sosialisasi pemilu bagi tunanetra, kata Pata, pihaknya memiliki 25 relawan demokrasi yang terdiri dari berbagai komunitas yang salah satunya penyandang difabel.

KPU kota Surakarta saat ini sudah menerima ratusan ribu lenbar surat suara DPD, DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota Surakarta.
                         
Editor: Anto Sidharta

  • Minim
  • Fasilitas Pemilih
  • tunanetra
  • Pemilu 2014

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!