KPU Rembang Tetap Tak Masukkan Pengidap Sakit Jiwa dalam Daftar Pemilih

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rembang, Jawa Tengah tetap tidak akan mengikutsertakan orang dengan gangguan jiwa masuk dalam daftar pemilih.

BERITA

Jumat, 21 Mar 2014 07:18 WIB

Author

Khusnul Kotimah

KPU Rembang Tetap Tak Masukkan Pengidap Sakit Jiwa dalam Daftar Pemilih

pemilu, gangguan jiwa

KBR68H, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rembang, Jawa Tengah tetap tidak akan mengikutsertakan orang dengan gangguan jiwa masuk dalam daftar pemilih. 


Anggota KPU Kabupaten Rembang Maftuhin menilai orang sakit jiwa tidak memenuhi syarat sebagai daftar pemilih sesuai perintah dari KPU Provinsi Jawa Tengah. KPU beralasan keputusan tersebut sudah lebih dulu diberlakukan dalam pemilihan Gubernur Mei 2013 lalu.


"Kita sangat terbuka berkaitan dengan pemilih ini, bahkan sampai dengan tanggal 26 nanti, misalnya mereka tidak terdaftar di pemilih khusus, masih ada waktu menggunakan KTP. Kita mendata pemilih yang seharusnya memenuhi syarat. Sakit jiwa, gila, hilang ingatan itu bagian yang tidak memenuhi syarat, "jelas Maftuhin.


KPU Kabupaten Rembang adalah salah satu KPU yang mencoret pengidap sakit jiwa dalam daftar pemilih Pemilu. Selain itu ada KPU Sulawesi Tengah, Lampung dan Malang. Padahal KPU Pusat tak pernah memerintahkan hal itu. 


Ketua KPU Husni Kamil Manik mengatakan, pencoretan pengidap sakit jiwa dalam daftar pemilih melanggar undang-undang. KPU Pusat berjanji akan memberikan teguran pada beberapa KPU yang mencoret orang gangguan jiwa dari daftar pemilih.


Editor: Antonius Eko 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Akibat Pandemi, Angka Kehamilan dan Pernikahan di Jepang Turun

Survive Corona ala Gue

Bias Kognitif Dalam Masyarakat Saat Pandemi

Eps4. Berhitung Plastik pada Kopi Senja

Seribu Jalan Penolak Undang-undang Cipta Kerja