KPU: Meski Parpol & Calon DPD Dicoret, Surat Suara Tak Diganti

KBR68H, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak akan mengganti surat suara meski ada sejumlah partai politik dan anggota DPD yang dicoret.

BERITA

Senin, 17 Mar 2014 19:10 WIB

Author

Ninik Yuniati

KPU: Meski Parpol & Calon DPD Dicoret, Surat Suara Tak Diganti

KPU, parpol, kertas suara, pemilu

KBR68H, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak akan mengganti surat suara meski ada sejumlah partai politik dan anggota DPD yang dicoret.

Anggota KPU, Hadar Nafis Gumay beralasan surat suara saat ini sudah dikirim ke seluruh kabupaten dan kota di Indonesia dan dalam proses pemeriksaan serta pengiriman ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Menurutnya, KPU akan mengumumkan daftar parpol maupun calon anggota DPD yang dicoret melalui surat resmi ke TPS-TPS. Ia juga menyatakan, KPU tidak akan menghitung suara yang tetap memilih parpol maupun anggota DPD yang sudah dicoret.

"Pimpinan TPS kita di KPPS itu akan informasikan, okay Bapak/Ibu sekalian para pemilih, partai ini tidak lagi menjadi peserta Pemilu, maka kalau dia ada calon otomatis calonnya tidak ada lagi. Atau calon-calon DPD tidak akan lagi menjadi peserta pemilu walaupun fotonya ada di sana sebetulnya dia sudah tidak memenuhi syarat. Info-info ini kami harapkan cukup," kata Hadar Nafis Gumay di Kantor KPU, (17/3).

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencoret sembilan partai politik di 25 kabupaten/kota dan 35 calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di 15 provinsi. Mereka dicoret lantaran terlambat melaporkan dana kampanye. Parpol dan anggota DPD yang tidak puas dengan keputusan tersebut diperbolehkan mengajukan gugatan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Editor: Pebriansyah Ariefana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Ngobrol Serius, Tapi Santai: Tips Hadapi Hoax dan Hate Speech

Podcast Kita: Kekerasan terhadap Perempuan

Smara on 7 Podcast

Podokasi: Podcast Edukasi

Kabar Baru Jam 7