Pandemi, Pemkab Banyuwangi Klaim PPKM Mikro Turunkan Kasus Covid-19

Selama 10 hari pelaksanaan PPKM mikro angka konfirmasi positif covid-19 di Banyuwangi tercatat mengalami penurunan sebesar 32,27 persen.

BERITA | RAGAM | NUSANTARA

Sabtu, 20 Feb 2021 03:25 WIB

Author

Hermawan Arifianto

Pandemi, Pemkab Banyuwangi Klaim PPKM Mikro Turunkan Kasus  Covid-19

Ilustrasi: Rapat Koordinasi Satgas Penanganan COVID-19 Banyuwangi, Senin (11/1/2021). (Antara)

KBR, Banyuwangi-    Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur mengklaim pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berbasis Mikro (PPKM Mikro) efektif menekan penyebaran Covid-19. Pelaksana Harian Bupati Banyuwangi, Mujiono mengatakan, selama 10 hari pelaksanaan PPKM mikro angka konfirmasi positif covid-19 di Banyuwangi tercatat mengalami penurunan sebesar 32,27 persen. 

Kata dia, jumlah kasus positif Covid-19 di Banyuwangi saat ini turun signifikan. Di awal Februari lalu tercatat 252 orang yang terkonfirmasi covid-19, saat ini tinggal 177 orang, sehingga ada penurunan 75 kasus.

Menurut Mujiono, di Kabupaten Banyuwangi, ada 189 desa dan 28 kelurahan. Sementara jumlah posko yang sudah beroperasi saat ini sebanyak 207. Sehingga masih tersisa 10 kelurahan yang belum beroperasi.

Dia menargetkan 10 kelurahan yang belum memiliki posko PPKM Mikro tersebut dalam beberapa hari ini akan terbentuk.

“Posko kita itu berjumlah 217, saat kita evaluasi kemarin baru ada 50 persen. Insyaallah ada peningkatan sekitar 150 posko yang aktif, sehingga sisanya akan didorong untuk melengkapi percepatan terkait dengan posko-posko tersebut.  Sebenarnya sampai saat ini sudah berjalan, tapi anggarannya menggunakan anggaran mandiri,” ujar Mujiono, Jumat (19/2/2021) di Banyuwangi

Pelaksana Harian Bupati Banyuwangi, Mujiono menambahkan, berdasarkan data  ada total 10.569 rukun tetangga atau RT yang tersebar di 217 desa dan kelurahan. Dari jumlah tersebut sebanyak 10.354 RT merupakan zona hijau, dan 215 RT merupakan zona kuning. Sedangkan RT yang berada di zona merah dan orange tidak ada.

Mujiono, mengharapkan, agar masyarakat terus melakukan disiplin ketat pada protokol kesehatan Covid-19. Sehingga status Banyuwangi yang saat ini zona orange bisa segera berubah menjadi zona kuning bahkan menuju ke zona hijau. 

Hingga pertengan Februari 2021 ini jumlah total kasus Covid-19 di Banyuwangi mencapai 5200 lebih.

Editor: Rony Sitanggang

Redaksi KBR juga mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Upaya Kurangi Risiko Bencana Iklim

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Perkara Bukber Tahun ini

Kabar Baru Jam 10