Meski Belum Ada Izin Polisi, Menpora Komitmen Taati Prokes Selenggarakan Liga 1 dan 2

kesiapan penyelenggara kompetisi dan keseriusannya untuk menaati protokol kesehatan Covid-19, menjadi bahan kajian dan evaluasi Polri, untuk menerbitkan izin penyelenggaraan kompetisi liga.

BERITA | OLAHRAGA

Rabu, 10 Feb 2021 19:18 WIB

Author

Fadli Gaper, Muthia Kusuma

Meski Belum Ada Izin Polisi, Menpora Komitmen Taati Prokes Selenggarakan Liga 1 dan 2

ilustrasi pertandingan di liga 1. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta - Kepolisian Republik Indonesia masih belum mengeluarkan izin keramaian untuk penyelenggaraan kompetisi sepak bola Liga 1 dan 2.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali menyebut, PSSI, PT Liga Indonesia Baru, KONI dan Satgas Covid-19 sepakat, mengutamakan kesehatan masyarakat, di tengah pandemi virus corona saat ini.

Tapi Zainudin berharap, kesiapan penyelenggara kompetisi dan keseriusannya untuk menaati protokol kesehatan Covid-19, menjadi bahan kajian dan evaluasi Polri, untuk menerbitkan izin penyelenggaraan kompetisi liga.

"Rapat koordinasi untuk mendengarkan pemaparan tentang rencana penyelenggaraan turnamen dan kompetisi, dan juga penerapan protokol kesehatan secara disiplin dan ketat. Kita belum mengambil keputusan apapun, karena nanti keputusannya setelah ini. Jadi itu ya jangan ada yang salah paham seolah-olah kita sudah rapat, kemudian setelah rapat langsung kita memutuskan. Tidak," ujarnya saat konferensi pers daring, usai Rapat koordinasi dengan Polri, PSSI, PT Liga Indonesia Baru, KONI Pusat, Satgas Penanganan COVID-19 dan stakeholder sepak bola lainnya di Jakarta, Rabu (10/2/2021).

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengingatkan, bila nanti Kepolisian memberikan izin penyelenggaraan kompetisi liga, maka akan dilaksanakan tanpa kehadiran penonton di stadion.

"Acara nonton bareng pertandingan sepak bola di luar stadion, juga akan dilarang karena menimbulkan kerumunan dan berpotensi menyebarkan virus corona," katanya.

Sebelumnya, Kepolisian membuka ruang Kemenpora untuk mengizinkan pergelaran kompetisi liga 1 dan 2 di tengah pandemi Covid-19.

Menurut Kapolri, Listyo Sigit Prabowo, Kepolisian juga akan berkoordinasi terkait persiapan administratif dari kompetisi sepak bola Tanah Air itu. Termasuk penegakan protokol kesehatan yang bertujuan mencegah klaster Covid-19 pada dalam setiap kompetisi sepak bola.

"Tentunya perlu ada kesepakatan-kesepakatan, kesepakatan yang tentunya apabila kemudian itu dilanggar, tentunya akan berdampak pada terlaksananya kegiatan tersebut. Ini yang nanti tentunya akan kita bicarakan secara lebih detil, secara lebih intensif. Sehingga yang pertama bagaimana pemerintah betul-betul bisa melaksanakan program menurunkan laju penularan Covid-19 ini," kata Sigit di Jakarta, Senin (8/2/2021) lalu.

Rencananya, Liga 1 Indonesia musim 2021 dimulai pada Mei atau Juni 2021.

Editor: Kurniati Syahdan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Vaksinasi "Drive Thru" Pertama Indonesia

Pahlawan Gambut

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10