BNPB Kirimkan Logistik Lewat Udara Bagi Pengungsi Banjir Karawang dan Bekasi

"BNPB akan mengoordinasikan, terutama untuk memberikan bantuan, kepada masyarakat terdampak. Prioritasnya adalah logistik yang siap saji"

BERITA | NASIONAL

Senin, 22 Feb 2021 13:35 WIB

Author

Muthia Kusuma

BNPB Kirimkan Logistik Lewat Udara Bagi Pengungsi Banjir Karawang dan Bekasi

Kepala BNPB saat meninjau banjir di Karawang dan Bekasi, Jawa Barat. (Foto: Twitter.com/@BNPB_Indonesia)

KBR, Jakarta- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan mengirimkan bantuan logistik melalui udara, terutama bagi wilayah di Karawang dan Bekasi, Jawa Barat, yang akses daratnya tertutup banjir.

Usai meninjau lokasi jebolnya tanggul sungai Citarum dan sejumlah titik lokasi banjir di dua kabupaten di Jawa Barat, Kepala BNPB, Doni Monardo mengatakan, hasil pemantauan udara untuk mengetahui titik-titik banjir di Jawa Barat, yang ditindaklanjuti dengan pemberian bantuan kepada warga terdampak.

"BNPB akan mengoordinasikan, terutama untuk memberikan bantuan, kepada masyarakat terdampak. Prioritasnya adalah logistik yang siap saji. Kemudian yang kedua adalah evakuasi bagi mereka yang memiliki gangguan kesehatan. Jadi mohon bagi masyarakat yang kiranya memerlukan bantuan evakuasi, untuk segera mencari helipad yang relatif lebih aman agar bisa kita evakuasi dari lokasi bencana," kataya melalui keterangan resminya yang disiarkan BNPB di Jakarta, Senin, (22/2/2021).

Doni Monardo menambahkan, BNPB akan memprioritaskan kebutuhan bagi pengungsi yang sakit, lanjut usia, anak-anak, dan ibu hamil.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono mengatakan, dari pemantauan tersebut, tanggul yang jebol tidak hanya tanggul sungai, tapi juga tanggul irigasi untuk pertanian.

"PUPR telah mempersiapkan sejumlah peralatan dari Balai besar Citarum untuk mengatasi permasalahan tersebut," katanya.

Minggu kemarin, curah hujan yang tinggi membuat Sungai Citarum meluap dan sejumlah tanggul di sekitar sungai jebol.

Akibatnya, empat desa di Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Karawang terendam banjir.

Editor: Kurniati Syahdan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Ramai-ramai Mudik Dini

Ramadan (Masih) dalam Pandemi Covid-19

Kabar Baru Jam 8

Disability Right Fund (DRF) Mitra Disability People Organisation (DPO)