Ini Destinasi Liburan yang Akan Dapat Diskon dari Pemerintah

"Itu sedang dihitung angkanya oleh Bu Menkeu. Tadi masih ada sedikit diskusi. Makanya kita akan rapatkan lagi. Diskon kan juga harus efektif dan meningkatkan pariwisata."

BERITA | NASIONAL

Senin, 17 Feb 2020 18:43 WIB

Author

Dwi Reinjani

Ini Destinasi Liburan yang Akan Dapat Diskon dari Pemerintah

Menteri Pariwisata Wishnutama Kusubandio dengan Menteri BUMN Erick Thohir di Kantor Presiden Jakarta, Senin (17/2/2020). (Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak)

KBR, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparkeraf) Wishnutama Kusubandio akan memberi diskon pada industri pariwisata sebesar 30 persen.

Diskon tersebut melingkupi tiket pesawat, hotel dan semua yang termasuk dalam elemen penunjang pariwisata.

Beberapa destinasi pilihan, menurut Tama, meliputi daerah prioritas. Namun daftar akan ditambah dengan beberapa destinasi yang tinggi peminat.

“Tentunya ke Bali, terus Likupang di Sulawesi Utara, Bintan, Batam, gitu. Tapi ada rencana kita akan tambah lagi destinasi-destinasi lain seperti ke Jogja, Lombok, Labuan Bajo dan sebagainya,” ujar Wishnutama, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (17/2/2020).

Terkait fasilitas seperti akomodasi menuju lokasi pariwisata, Wishnutama Kusubandio mengatakan telah melakukan pertemuan dengan menteri perhubungan dan 33 maskapai penerbangan.

Pertemuan itu untuk membahas potensi yang ada dari semua maskapai swasta maupun BUMN.

Wishnutama menambahkan beberapa hari ke depan ia akan kembali bertemu untuk rapat dengan Menteri Keuangan, BUMN dan kemenerian terkait lainnya.

“Jadi kenapa kita lakukan koordinasi antarkementerian, agar angka diskonnya tepat, bukan reaktif," kata Tama.

"Bagaimana anggaran untuk diskon?" tanya wartawan.

"Itu sedang dihitung angkanya oleh Bu Menkeu. Tadi masih ada sedikit diskusi. Makanya kita akan rapatkan lagi. Diskon kan juga harus efektif dan meningkatkan pariwisata," jawab Tama.

Pemberian diskon, menurut Tama, tidak akan menimbulkan kegaduhan. Apalagi, hampir semua maskapai setuju dan mau membuka rute destinasi baru.

Adapun insentif yang didapat oleh para maskapai, menurut Tama, adalah landing fee murah. Namun hal itu masih dalam pembahasan.

Terakhir untuk menggenjot patiwisata, Wishnutama juga mengimbau agar kementerian dan lembaga melakukan rapat di destinasi wisata.

Editor: Agus Luqman 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Belajar dari Italia, Seperti Apa Karantina Wilayah yang Efektif?

Jokowi Janjikan Bantuan ke Pekerja Informal agar Tidak Mudik di Tengah Wabah Korona

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18