ICW: Korupsi Paling Besar 2019 Terjadi di Sektor Pertambangan

Jumlah kasus korupsi di sektor pertambangan hanya sedikit. Tapi nilai kerugian negara yang ditimbulkannya mencapai triliunan rupiah, paling besar dibanding korupsi di sektor-sektor lain.

BERITA | NASIONAL

Rabu, 19 Feb 2020 11:22 WIB

Author

Adi Ahdiat

ICW: Korupsi Paling Besar 2019 Terjadi di Sektor Pertambangan

Ilustrasi: Aktivitas pertambangan. (Foto: Wikimedia Commons)

KBR, Jakarta - Setahun terakhir, kasus korupsi yang menimbulkan kerugian negara paling besar ada di sektor pertambangan.

Hal itu diungkapkan Indonesia Corruption Watch (ICW) dalam laporan Tren Penindakan Kasus Korupsi 2019 yang dirilis Selasa (18/2/2020).

ICW mencatat sepanjang 2019 ada 4 kasus korupsi di sektor pertambangan. Meski jumlah kasusnya sedikit, nilai kerugian negara yang ditimbulkannya sangat besar, yakni mencapai Rp5,9 triliun.

"Kasus pada sektor pertambangan yang menimbulkan kerugian negara sangat besar seperti kasus dugaan suap penerbitan Izin Usaha Pertambangan oleh Bupati di Kotawaringin Timur, Supian Hadi," jelas ICW dalam laporannya.

Setelah pertambangan, berikut adalah sektor-sektor korupsi lain yang paling banyak menimbulkan kerugian negara :

  • Transportasi: kerugian Rp434,3 miliar
  • Pemerintahan: kerugian Rp135,1 miliar
  • Pertanahan: kerugian Rp111,2 miliar
  • Pemilu: kerugian Rp63,7 miliar
  • Anggaran Desa: kerugian Rp32,3 miliar

"Penegak hukum perlu mengefektifkan pidana korporasi untuk meningkatkan efek jera. Pada saat yang sama, pemerintah perlu mengevaluasi keseluruhan mekanisme perizinan sektor SDA dan lingkungan hidup yang rentan terhadap praktek penyuapan dan menimbulkan kerugian multi dimensi," tulis ICW dalam laporannya.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Upaya Mahasiswa Perantau Bertahan di Masa Pandemi

PSBB Diterapkan, Kerumunan di atas Lima Orang Dilarang

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Selandia Baru Catat Penurunan Signifikan Penambahan Orang Terinfeksi Corona