Di Balikpapan, Anak Berkebutuhan Khusus Susah Dapat Sekolah

"Pihak sekolah tidak mau menerima karena tenaga pengajarnya tidak ada, fasilitasnya juga tidak memadai."

BERITA | NUSANTARA

Selasa, 11 Feb 2020 14:28 WIB

Author

Teddy Rumengan

Di Balikpapan, Anak Berkebutuhan Khusus Susah Dapat Sekolah

Ilustrasi: Anak berkebutuhan khusus belajar di SLBA YKAB Solo, Jawa Tengah, Selasa (4/2/2020). (Foto: ANTARA)

KBR, Balikpapan – Para orang tua anak berkebutuhan khusus (ABK) di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, kesulitan mencari sekolah untuk anak-anaknya.

Nuri Cahyani, Ketua Komunitas Anak Berkebutuhan Khusus Kota Balikpapan, mengatakan rata-rata sekolah negeri maupun swasta tidak mau menerima anak mereka.

"Dua minggu yang lalu ada salah satu anggota kami mendaftar di SD Negeri 008 (Balikpapan). Pihak sekolah tidak mau menerima karena tenaga pengajarnya tidak ada. Fasilitasnya juga tidak memadai. Jadi mereka menolak dan menyarankan anak kami masuk SLB," tutur Nuri kepada KBR, Selasa (11/2/2020).

Nuri dan komunitasnya mendesak Pemerintah Kota Balikpapan membangun sekolah untuk anak-anak berkebutuhan khusus yang jumlahnya cukup banyak.

Mereka juga berharap, paling lama sebelum penerimaan siswa atau tahun ajaran baru 2020, sekolah khusus itu sudah terbangun.

"Meskipun hanya bangunan biasa, tidak seperti sekolah, tidak masalah. Asalkan anak-anak (berkebutuhan khusus) bisa mendapatkan hak yang sama, yakni pendidikan seperti anak-anak lainnya," jelas Nuri.

"Para orangtua berjanji akan mendampingi anak-anaknya saat di sekolah, hingga pelajaran selesai," lanjutnya.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

KPK Hentikan Puluhan Penyelidikan Kasus Korupsi

Sulap Limbah Jadi Produk

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13