Cirebon Akan Ubah Pasar Tradisional Kumuh Jadi Pasar Tematik

"Mudah-mudahan bisa direalisasikan dengan cepat, kalau bisa dalam kegiatan tahun 2020 ini."

BERITA | NUSANTARA

Jumat, 07 Feb 2020 18:27 WIB

Author

Frans Mokalu

Cirebon Akan Ubah Pasar Tradisional Kumuh Jadi Pasar Tematik

Ilustrasi pasar tradisional di Cirebon. (Foto: KBR/Frans Mokalu)

KBR, Cirebon - Pemerintah Kota Cirebon Jawa Barat bakal merevitalisasi pasar tradisional.
Melalui perusahaan daerah (PD), pemerintah daerah mempertimbangkan mengubah pasar tradisional menjadi pasar tematik.

Menurut rencana, PD Pasar Kota Cirebon tidak akan mencari lokasi baru untuk mendirikan pasar tematik namun memanfaatkan bangunan eks Pasar Lama Kalitanjung di Kecamatan Harjamukti.

Pasar tematik akan menjadi tempat khusus menjual komoditas tertentu saja. Tidak seperti pasar tradisional pada umumnya yang menjual beragam komoditas.

Direktur Utama PD Pasar Kota Cirebon Akhyadi mengatakan pasar tematik akan ditata sedemikian rupa sehingga jauh dari kesan kumuh dan semrawut.

"Bangunannya masih yang lama, tapi akan kita tata. Pokoknya akan lebih bersih, aman, nyaman, dan teratur," kata Akhyadi di Cirebon, Jumat (7/2/2020).

Pasar tematik yang akan digagas adalah pasar khusus menjual buah-buahan saja. Pasar itu tidak menjual komoditas lain seperti pakaian, peralatan rumah tangga, sembako, dan lainnya.

"Pasar tematik khusus menjual buah-buahan saja, tidak ada yang lain," imbuhnya.

Menurut Akhyadi, pasar tematik merupakan salah satu terobosan atau revitalisasi PD Pasar Kota Cirebon saat memasuki usia 50 tahun PAD Pasar Kota Cirebon.

"Kami sudah berusia 50 tahun. Salah satu target dan fokus kami untuk revitalisasi pasar tradisional adalah membuat Pasar Tematik," tuturnya.

Ia menargetkan, pasar yang khusus menjual buah-buahan akan terwujud pada tahun 2020. Pembangunannya akan dipercepat karena masyarakat dan pengguna jalan sudah merasa risih dengan pemandangan semrawut dan kemacetan di sekitar pasar.

"Mudah-mudahan bisa direalisasikan dengan cepat, kalau bisa dalam kegiatan tahun 2020 ini. Jadi nanti, pedagang-pedagang yang berada di pinggir jalan di Jl Kanggraksan, Cibelik bisa menempati pasar yang baru nanti sehingga di sekitar pasar lebih teratur dan tidak macet lagi," kata Akhyadi.

Editor: Agus Luqman 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 14

RUU Ketahanan Keluarga Campuri Ranah Pribadi?

Kabar Baru Jam 13

Choirul Anwar: Masyarakat Harus Bijak Gunakan Popok

Tan Novita: Sampah Kemasan Sulit Dikurangi