BERITA

Arab Saudi Hentikan Penerimaan Umrah, Ini Kata Jokowi

Arab Saudi Hentikan Penerimaan Umrah, Ini Kata Jokowi

KBR, Jakarta- Presiden, Joko Widodo mengatakan, pemerintah Indonesia menghargai kebijakan Kerajaan Arab Saudi memberhentikan sementara kunjungan Umroh ke negara mereka. Jokowi bilang, kebijakan pemerintah melindungi warga negaranya dari ancaman merupakan kewajiban.

“Pertama itu kebijakan dari pemerintah Arab Saudi. Kita menghargai, kita menghormati karena apapun yang namanya kesehatan itu memang dinomor satukan oleh pemerintah Arab Saudi, kita menghargai,” ujar Jokowi, setelah membuka acara Microsoft, di Hotel Ritz Carlton, Kamis (27/02/2020).


Menurut Jokowi, pemerintah belum akan melakukan langkah apapun terkait penghentian sementara kunjungan umroh Indonesia ke Arab Saudi. Menurutnya informasi tersebut baru ia dapatkan sehingga belum ada langkah apapun yang diambil.


“Belum, saya baru dapat informasi kemaren. Saya kira inikan bukan hanya untuk Indonesia, untuk semua negara katena mereka ingin memproteksi warga negaranya dari virus Corona.” Ujar Jokowi.


Sebelumnya Kerajaan arab Saudi menghentikan sementara penerimaan jamaah umrah  menyusul maraknya penyebaran virus Sarcov-2  atau penyakit Covid-19 di seluruh dunia. Seperti dilaporkan kantor berita SPA, Kamis (27/2/2020), Kemlu menyatakan bahwa otoritas kesehatan Saudi mengikuti perkembangan terkait penyebaran virus korona yang kini juga telah menjangkiti negara tetangga di Timur Tengah, seperti Kuwait, Bahrain, dan Oman.

Saudi juga menghentikan izin masuk menggunakan visa turis dari negara-negara yang tengah mengalami wabah virus korona.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menangguhkan sementara pelayanan umrah bagi warga dari luar kerajaan dalam upaya mencegah penyebaran virus corona baru.


"Telah dilaksanakan penangguhan masuknya warga non-Saudi ke Kerajaan Saudi untuk tujuan umrah dan kunjungan lain serta penghentian penerbitan visa untuk sementara," kata Wakil Menteri Haji dan Umrah untuk Urusan Umrah Arab Saudi Abdulaziz bin Wazzan dalam siaran pers Kementerian Haji Arab Saudi yang diterima di Jakarta, Kamis.


"Kementerian juga mengkonfirmasi perusahaan-perusahaan umrah dan agen luar negeri untuk membatalkan pemesanan apapun sejak diterbitkannya pengumuman ini sampai pemberitahuan lebih lanjut," katanya.


Dia mengatakan kebijakan itu diambil sebagai bagian dari upaya Kerajaan Arab Saudi untuk mencegah masuknya Covid-19.


Editor: Rony Sitanggang
  • Tiongkok
  • diamond princess
  • virus corona
  • who
  • COVID-19
  • Wuhan
  • SARS-CoV-2

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!