BERITA

Surat Suara Pemilu Legislatif Tak Dilengkapi Template Braille

"KBR68H Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tak menyediakan surat suara Braille untuk pemilihan DPR, DPRD provinsi dan kabupaten/kota pada pemilu mendatang."

Ninik Yuniati

Surat Suara Pemilu Legislatif Tak Dilengkapi Template Braille
pemilu, KPU, disabilitas, difabel, braille

KBR68H Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tak menyediakan surat suara Braille untuk pemilihan DPR, DPRD provinsi dan kabupaten/kota pada pemilu mendatang.

Anggota KPU Sigit Pamungkas mengatakan untuk pembuatan surat Braile pada pemilihan DPR, DPRD provinsi dan kabupaten/kota, rumit dan memakan dana besar. Untuk mengatasi kesulitan para penyandang tunanetra, KPU menyiapkan petugas atau orang kepercayaan pemilih untuk mendampingi pada pemilu legislatif tersebut.

"Tidak ada template karena rumit untuk pemilu legislatif, tetapi untuk pemilu presiden dan wakil presiden itu ada templatenya, DPD ada template. Kalau partai itu kan ada gambar, ada nama, itu dibuat template tidak bisa. Terlalu kompleks. Tapi calon saja kayak pemilu presiden, pemilu DPD itu bisa," kata Sigit Pamungkas di Kantor KPU, (11/2).

Anggota KPU Sigit Pamungkas menambahkan surat suara Braille hanya berlaku pada pemilihan DPD RI serta Presiden dan Wakil Presiden.

Selain itu, Sigit mengakui kesulitan untuk mendata pemilih difabel. Ini lantaran, banyak di antara difabel enggan memberikan keterangan. Bahkan, sejumlah lembaga yang fokus bergerak di bidang ini tidak mempunyai data lengkap.

Editor: M. Irham

  • pemilu
  • KPU
  • disabilitas
  • difabel
  • braille

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!