KPU Kesulitan Cari Panitia Pemilu Di Daerah Bencana

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperkirakan bakal kesulitan mencari anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di daerah bencana.

BERITA

Kamis, 20 Feb 2014 10:43 WIB

Author

Bambang Hari

KPU Kesulitan Cari Panitia Pemilu Di Daerah Bencana

Pemilu, KPU, KPPS, Daerah bencana

KBR68H, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperkirakan bakal kesulitan mencari anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di daerah bencana. Anggota KPU Arief Budiman mengatakan, kesulitan ini disebabkan adanya relokasi penduduk dalam jumlah besar di lokasi bencana. Di lokasi bencana Gunung Kelud misalnya, ada sekitar 59 ribu penduduk tinggal di pengungsian. 


"Kalau mereka mengungsi di daerah baru, bisa saja KPPS nya berasal dari daerah setempat yang dipakai untuk mengungsi. Karena memang salah satu syaratnya adalah dia berada di wilayah TPS itu. Jadi umpamanya kalau dia penduduk Desa A, maka dia bisa menjadi KPPS di TPS-TPS yang berada di desa itu. Sementara sekarang ini, banyak sekali pengungsi yang berpindah tempat melampaui batas desa," katanya dalam Program Sarapan Pagi KBR68H.



Rekrutmen terhadap petugas KPPS bakal dimulai pada awal Maret mendatang. Sebelum merekrut, KPU pusat lebih dahulu melakukan Bimbingan Teknis terhadap KPU Provinsi. Bimtek anggota KPPS akan dilakukan bersamaan dengan bimtek Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilih Kecamatan (PPK). 

Rencananya KPU akan merekrut lebih dari 2 juta orang untuk menjadi anggota KPPS.



Editor : Sutami

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Upaya Kurangi Risiko Bencana Iklim

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Perkara Bukber Tahun ini

Kabar Baru Jam 10