Bagikan:

Cate Blanchett, Ratu Oscar Tahun Ini

Tahun ini, kategori Oscar dengan persaingan paling landai adalah Artis Terbaik. Cate Blanchett tinggal menggenapi kemenangannya di Oscar untuk dinobatkan sebagai ratu Hollywood tahun ini.

BERITA

Jumat, 28 Feb 2014 11:02 WIB

Cate Blanchett, Ratu Oscar Tahun Ini

Cate Blanchett, Oscar

KBR68H Jakarta – Tahun ini, kategori Oscar dengan persaingan paling landai adalah Artis Terbaik. Cate  Blanchett tinggal menggenapi kemenangannya di Oscar untuk dinobatkan sebagai ratu Hollywood tahun ini. 


Penampilan aktris 44 tahun ini di film dark comedy “Blue Jasmine” karya Woody Allen menuai banyak pujian. Sejak award season dimulai awal tahun, podium pemenang selalu menjadi langganan Cate Blanchett sekaligus pidato kemenangannya (acceptance speech). 


Saking yakinnya para analis dan kritikus sapu bersih gelar akan berlanjut hingga Oscar, yang menjadi bahan perdebatan justru berkisar apakah Cate akan menyebut nama Woody di pidatonya. 


Sutradara kawakan ini tengah digoyang skandal kekerasan seksual terhadap putri adopsinya Dylan Farrow sewaktu kecil. Cate ketika menang di Golden Globe, ia menyebut Woody dalam daftar ucapan terima kasihnya. Tetapi di ajang BAFTA, Cate memilih memberikannya kepada almarhum Phillip Seymour Hoffman. Cate cenderung tidak ingin berkomentar terhadap isu ini.


Penampilan Cate dalam Blue Jasmine memang sangat layak mendapatkan standing ovation. Banyak yang menilai, aktingnya sebagai Jasmine Francis merupakan performa terbaiknya sepanjang karir sebagai aktris. 


Ibu dari tiga anak ini diyakini akan membawa pulang piala Oscar keduanya, sebelumnya ia mendapatkan Oscars lewat peran supporting sebagai Katharine Hepburn di The Aviator. Pesaing terdekatnya hanyalah Amy Adams (American Hustle) dan Meryl Streep (August : Osage County).


Bila sebelumnya Cate memerankan tokoh besar seperti Ratu Elizabeth (Elizabeth dan Elizabeth : The Golden Age), aktris Katharine Hepburn (The Aviator), di Blue Jasmine, ia menantang dirinya memerankan sosok perempuan kelas atas yang nyaris gila. Jasmine kehilangan segalanya, harta, suami, anak bahkan tak tersisa untuk tempat berteduh. Pembalikan ekstrem dalam hidupnya ini menjadi derita tak tertanggungkan pada diri Jasmine. 


Cate menuturkan hidup sosok Jasmine dipenuhi dengan tipuan-tipuan, baik dari orang sekitarnya dan dirinya sendiri. Cate menghidupkan karakter Jasmine dengan sangat baik sejak menit pertama film. Banyak adegan di mana Cate sejatinya berakting sendirian, monolog, ia mengisi setiap celah emosi secara mengesankan. 


Bahkan di akhir film, Cate dipersilakan menambahkan sendiri sebuah adegan yang sebetulnya tidak tertera dalam skenario. Padahal, seperti kata Cate, Woody termasuk sutradara yang sangat detil, komplit dan disiplin ketika membuat dan menjalankan skenario. Selain Cate, Blue Jasmine juga memasok nominasi untuk Best Supporting Actress lewat Sally Hawkins dan Best Screenplay oleh sang sutradara sendiri Woody Allen. 


Editor: Antonius Eko 

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Haruskah Ikut Program Pengungkapan Sukarela?