Awasi Pemilu Kelompok Marjinal, Komnas HAM Blusukan ke 20 Provinsi

KBR68H,Jakarta - Komnas HAM akan mengunjungi 20 provinsi untuk memastikan orang-orang dari kelompok marjinal terdaftar sebagai pemilih dalam Pemilu.

BERITA

Sabtu, 08 Feb 2014 15:04 WIB

Author

Gungun Gunawan

Awasi Pemilu Kelompok Marjinal, Komnas HAM Blusukan ke 20 Provinsi

pemilu, marjinal, komnas ham

KBR68H,Jakarta - Komnas HAM akan mengunjungi 20 provinsi untuk memastikan orang-orang dari kelompok marjinal terdaftar sebagai pemilih dalam Pemilu. Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai mengatakan, kunjungan tersebut dilakukan pada Maret mendatang. Dia mengatakan, kelompok marjinal itu di antaranya adalah para narapidana, penghuni rumah sakit, kelompok difabel dan kelompok minoritas agama. Kata dia suara kaum rentan kerap dimanipulasi.

"Kita lakukan pengawasan pra Pemilu. Itu kita pastikan apakah mereka didaftarkan atau tidak. Kemudian saat pemilu saat pencoblosan juga kita lihat apakah ada diskriminasi atau tidak. Lalu pasca Pemilu kita lihat juga apakah ada konflik atau tidak," kata Natalius Pigai saat dihubungi KBR68H.

Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai yakin dalam 3,3 juta orang yang belum terdaftar di DPT banyak terdapat kelompok marjinal di dalamnya. Dia meminta kelompok difable dan minoritas agama melapor jika mengalami diskriminasi pada pemilu nanti.

Editor: M Irham

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Jurus Investasi Reksadana Antitekor

Kiat Asyik Tegakkan Prokes saat Rayakan Hari Raya

Kabar Baru Jam 7

Upaya Mencegah Penyebaran Covid-19 Klaster Idulfitri