Uji Kelayakan Calon Kapolri, Listyo Akui Kinerja Polri Banyak Tuai Kritik Publik

Listyo juga menyoroti penanganan kasus yang terkesan tebang pilih

BERITA | NASIONAL | NASIONAL

Rabu, 20 Jan 2021 11:41 WIB

Author

Heru Haetami, Wahyu Setiawan

Uji Kelayakan Calon Kapolri, Listyo Akui Kinerja Polri Banyak Tuai Kritik Publik

Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri di Ruang Komisi III, Jakarta (Galih Pradipta/Antara)

KBR, Jakarta- Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di komisi bidang hukum DPR RI, hari ini. Di hadapan DPR, Listyo Sigit mengaku banyak pekerjaan kepolisian yang masih jauh dari harapan masyarakat.

"Kritik berupa isu yang berkembang, dan menyoroti kinerja Polri tentunya harus jadi perhatian serius, seperti pelayanan Polri yang dirasakan sebagian masyarakat mungkin masih berbelit-berbelit, ucapan dan sikap perilaku anggota yang kasar atau arogan yang dirasa masyarakat," kata Listyo saat fit and proper test di DPR, Rabu (20/1/2021).

Listyo menambahkan sorotan kepada Polri juga yakni masih adanya pungli di sektor pelayanan, kebiasaan mencari kesalahan dan kerap mengutamakan kekerasan dalam menyelesaikan suatu masalah.

Selain itu, Listyo juga menyoroti penanganan kasus yang terkesan tebang pilih, keberpihakan terhadap proses penanganan tindak pidana dan menampilkan perilaku yang menimbulkan kebencian di masyarakat.

"Oleh karena itu, bagaimana ke depan, kami mewujudkan program, membuat program sehingga dapat menciptakan keadilan bagi semua lapisan dan golongan masyarakat atau yg biasa disebut justice for all," katanya.

Selain itu, Listyo Sigit Prabowo berjanji bakal melakukan transformasi di tubuh Polri jika dirinya menjadi Kapolri. Ia berjanji akan melakukan transformasi Polri yang prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan. Ia menyebutnya dengan konsep Polri Presisi.

"Konsep transformasi menuju Polri yang Presisi hadir melalui penekanan pada upaya pendekatan pemolisian yang prediktif yang diharapkan bisa membangun kejelasan dari setiap permasalahan keamanan, dalam menciptakan keteraturan sosial di tengah-tengah masyarakat. Pendekatan ini juga akan mentransformasi wajah Polri ke depan, antara lain pada pelayanan publik yang terintegrasi, modern, mudah dan cepat, pemeliharaan kamtibmas dan penegakan hukum yang prediktif, bertanggung jawab, transparan, serta menjamin rasa keadilan masyarakat," ucap Sigit.

Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo menjelaskan, konsep Polri yang Presisi akan diwujudkan melalui transformasi organisasi, transformasi operasional, transformasi pelayanan publik, dan transformasi pengawasan.

Listyo juga menjanjikan akan membawa Polri menjadi lembaga yang berorientasi pada kepentingan masyarakat, berbasis rasa keadilan, dan menghormati hak asasi manusia. Ia menjanjikan ke depan tak akan lagi ada penegakan hukum yang tajam ke bawah, namun tumpul ke atas.

"Maka dari itu dalam kepemimpinan saya, sisi-sisi tersebut nantinya akan menjadi fokus utama yang akan diperbaiki," ujarnya.

Listyo Sigit Prabowo merupakan calon tunggal Kapolri yang diajukan Presiden Joko Widodo. Listyo ditunjuk untuk menggantikan Idham Azis yang akan pensiun pada 1 Februari mendatang.

Editor: Friska Kalia

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Vaksinasi "Drive Thru" Pertama Indonesia

Pahlawan Gambut

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10