Antisipasi Pengambilan Paksa Jenazah Covid-19, Polres Jombang Tempatkan Anggota di Faskes

"Di kabupaten lain sudah mulai terjadi, nah kita mengantisipasinya kita mulai gelaran petugas dan membagi tugas sesuai dengan sprint setiap rumah sakit yang ada di Jombang ini"

NUSANTARA | RAGAM

Kamis, 28 Jan 2021 22:43 WIB

Author

Muji Lestari

Antisipasi Pengambilan Paksa Jenazah Covid-19, Polres Jombang Tempatkan Anggota di Faskes

Kapolres Jombang Agung Setyo Nugroho saat apel penanggulangan bencana di lapangan Mapolres, Kamis (28/01). (KBR/Muji Lestari)

KBR, Jombang-  Kepolisian Jombang, Jawa Timur akan menyiagakan personilnya di masing-masing rumah sakit di daerah itu. Upaya ini dilakukan sebagi salah satu langkah mengatisipasi upaya paksa pengambilan jenazah pasien yang dinyatakan terpapar covid-19.

Hal ini disampaikan Kapolres Jombang,   Agung Setyo Nugroho, dalam apel kesiapsiagaan dan antisipasi bencana alam, konflik sosial dan pengambilan paksa jenazah pasien covid-19 di Jombang, Kamis (28/1/2021).
Selain menempatkan anggota, Kapolres juga berharap, hasil tes PCR pasien yang diduga terpapar virus corona tersebut segera bisa diketahui oleh keluarga pasien. Kata dia, hal ini meminimalisir kejadian yang tidak inginkan.

"Di kabupaten lain sudah mulai terjadi, nah kita mengantisipasinya kita mulai gelaran petugas dan membagi tugas sesuai dengan sprint setiap rumah sakit yang ada di Jombang ini kita tempatkan anggota dan kita berikan edukasi untuk keluarga korban yang terpapar covid-19, nah saya mengharapkan juga hasil tes PCR yang jenazah keluar dengan jadi keluarganya tidak lama menunggu," terangnya. 

Menurut Agung, sejauh ini di Jombang sendiri belum ada kejadian menonjol. Namun, berdasarkan catatan Polisi sudah berhasil memberikan edukasi dua kejadian sehingga upaya pengambilan paksa jenazah pasien covid-19 tidak sampai terjadi. 

Kapolres menegaskan, agar masyarakat memahami aturan dan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Sebab, pengambilan jenazah secara paksa itu merupakan pelanggaran pidana. 

"Kami juga akan pasang papan imbauan. Kami ambil contoh dari Polres lain, harapan kami ini tidak sampai terjadi di Jombang sebab perbuatan mengambil paksa jenazah covid-19 itu ada pidananya," tandasnya.


Editor: Rony Sitanggang


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

'Kiat Membuat Quality Time Bareng Keluarga'

Kabar Baru Jam 7

Sekolah Tatap Muka Mesti Diawasi

Kabar Baru Jam 8

Vaksinasi Covid-19 saat Berpuasa