BERITA

Wabah Virus Korona Wuhan, Staf Ahli Menkes: Jangan Paranoid, Bisa Rugikan Ekonomi

""Misalnya ada orang dari negara lain yang ingin berwisata menikmati keindahan alam, karena takut (virus Corona) akhirnya jadi merugikan ekonomi.""

Adi Ahdiat

Wabah Virus Korona Wuhan, Staf Ahli Menkes: Jangan Paranoid, Bisa Rugikan Ekonomi
Wisatawan asal Singapura memasuki Pelabuhan Internasional Sekupang, Batam, Kepulauan Riau, Senin (27/1/2020). (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta - Staf Ahli Menteri Kesehatan RI, Roby Pattiselano, mengimbau masyarakat agar tidak paranoid terhadap penyebaran virus korona Wuhan.

"Sekarang kalau ada orang flu sedikit langsung dituduh virus korona, akhirnya menimbulkan keresahan. Sementara berdasarkan hasil tes laboratorium, hingga saat ini belum ada ditemukan satupun yang terjangkit korona di Indonesia," kata Roby, seperti dilansir Antara, Selasa (28/1/2020).

Menurut Roby, kekhawatiran berlebihan soal virus korona Wuhan bisa mengganggu aktivitas masyarakat dan perekonomian.

"Misalnya ada orang dari negara lain yang ingin berwisata menikmati keindahan alam, karena takut (virus korona Wuhan) akhirnya jadi merugikan ekonomi," kata Roby.

"Sikap khawatir berlebihan akan merugikan, kalau dalam satu gedung semua pakai masker karena khawatir berlebihan, bisa-bisa tidak dikenali kalau ada maling yang masuk," katanya.

Berita Terkait: 

    <li><a href="https://kbr.id/berita/internasional/01-2020/di_china__pengidap_virus_corona_wuhan_naik_dua_kali_lipat_dalam_sehari/102104.html">Di China, Pengidap Virus Corona Wuhan Naik Dua Kali Lipat dalam Sehari</a></li>
    
    <li><a href="https://kbr.id/nasional/01-2020/kkp__thermo_scanner_belum_tentu_bisa_deteksi_virus_corona/102094.html">KKP: Thermo Scanner Belum Tentu Bisa Deteksi Virus Corona</a></li></ul>
    

    Roby menjelaskan saat ini di Indonesia memang sedang berlangsung musim pancaroba, sehingga kasus infeksi saluran pernafasan dan flu meningkat.

    "Jadi jangan parno (paranoid) semua orang yang kena flu langsung disebut korona," kata dia.

    Roby memastikan pemerintah sudah melakukan langkah antisipasi penyebaran virus korona Wuhan mulai dari pintu masuk negara hingga fasilitas kesehatan.

    "Peralatan pendeteksi berupa thermal scanner berfungsi dengan baik, dan rumah sakit serta sumber daya manusia kesehatan telah siap melakukan penanganan," jelas Roby.

    Editor: Agus Luqman

  • virus corona
  • virus corona wuhan
  • virus korona Wuhan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!