BERITA

Virus Corona Wuhan, Kemenkes Sebut belum ada yang Tertular di Indonesia

""Kalau ada orang sakit di dalam, maka dia akan mendarat, mengeluarkan penumpangnya di tempatkan tersendiri,""

Lea Citra, Arie Nugraha

Virus Corona Wuhan, Kemenkes Sebut belum ada yang Tertular di Indonesia
Petugas memeriksa suhu tubuh wisman asal Cina di bandara DEO Kota Sorong, Papua Barat, Minggu (26/1). (Antara/Olha)

KBR, Jakarta-  Kementerian Kesehatan menyatakan hingga saat ini tak ada masyarakat Indonesia yang tertular virus corona. Juru bicara Kemenkes Widyawati mengatakan,  Kemenkes terus mencegah penyebaran virus corona melalui bandara-bandara.

"Sampai sejauh ini, tidak ada apa-apa. Tetapi semua yang masuk (ke Indonesia) terdeteksi. Antara lain walaupun, memang tidak membantu sekali, karena ada masa inkubasi, thermal scanner itu juga menjadi salah satu alat bantu. Kalau ada orang sakit di dalam, maka dia akan mendarat, mengeluarkan penumpangnya di tempatkan tersendiri," kata Widyawati kepada KBR, Minggu (26/1/2020).

                  <br>

Kemenkes membantah penyebaran virus corona di Jakarta dan Sorong, Papua Barat. Jubir Kemenkes Widyawati menyebut, warga negara Cina di Sorong hanya terjangkit influenza. Namun Kemenkes enggan menanggapi lebih lanjut terkait perkara ini.


Sebelumnya, diduga virus corona menyebar di sejumlah daerah di Indonesia. Seorang warga negara Cina dicurigai terinfeksi virus corona di Sorong, Papua Barat. Pria tersebut menjalani pemeriksaan di RSUD Sele Be Solu. 


RS Hasan Sadikin

Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung merawat pasien terduga terpapar novel corona virus 2019 Wuhan Cina (2019-nCov) di ruang isolasi khusus. Pasien warga negara Cina berusia 31 tahun itu merupakan rujukan dari Rumah Sakit Cahaya Kawaluyaan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Menurut Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSHS Bandung Tommy Ruchimat, pasien terduga terpapar virus corona tersebut datang dengan kondisi demam tinggi. Namun kata Tommy, pemeriksaan tetap dilakukan sesuai dengan standar penanganan terduga pasien virus corona.


“Kita tetap menyiapkan bahwa ini pasien terduga corona virus itu. Jadi kita langsung periksa semuanya dengan perlengkapan. Kita juga punya APD khusus untuk penyakit kejadian luar biasa seperti ini. Ada perlengkapan proteksi diri khusus, kita siapkan dan saat ini pasiennya sudah ada di ruangan isolasi rawat inap,” kata Tommy saat dihubungi via telepon, Bandung, Minggu, 26 Januari 2020.



Tommy menjelaskan penanganan dengan standar pasien terduga terpapar virus corona terhadap warga negara Cina tersebut, karena diketahui memiliki riwayat perjalanan dari Cina. Saat datang ke IGD, pasien diperiksa di ruang isolasi sementara ruangan gawat darurat.


Editor: Rony Sitanggang

  • virus corona
  • penyakit misterius

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!