Virus Corona Novel, Menkes Terawan Pastikan 200 Lebih WNI di Wuhan Sehat

"Tidak ada dibuat-buat laporan Kemlu, saya malah jadi senang bahwa itu bukti bahwa mereka itu tetap sehat di tengah yang lain sakit kita tetap sehat,"

BERITA | NASIONAL

Selasa, 28 Jan 2020 10:58 WIB

Author

Resky Novianto

Virus Corona Novel, Menkes Terawan Pastikan 200 Lebih WNI di Wuhan Sehat

Suasana pascapelarangan kendaraan umum masuk pusat kota Wuhan, provinsi Hubei, China, Minggu (26/1). (Antara)

KBR, Jakarta-   Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebut kondisi 243 Warga Negara Indonesia (WNI) di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, dalam keadaan sehat. Terawan mengatakan, kesehatan 243 WNI di wilayah terdampak parah virus corona novel itu cukup terjamin.

Kata dia, para WNI telah di karantina sejak kemunculan virus berbahaya tersebut.

"Bukti nyata 243 warga kita itu ada di pusat tempurannya, di pusat kejadiannya, di (Provinsi) Hubei, (Kota) Wuhan, mereka sehat. Itu artinya tidak semua orang bisa terkontak begitu saja. Apa tadi kuncinya di imunitas tubuhnya. Ini bukti loh ya, tidak ada dibuat-buat laporan Kemlu, saya malah jadi senang bahwa itu bukti bahwa mereka itu tetap sehat di tengah yang lain sakit kita tetap sehat," ucap Menkes Terawan seusasi Rakor soal Corona di Kantor Kemenhub, Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (27/1/2020).

Terawan mengatakan, pemerintah akan tetap mengacu pada badan kesehatan dunia (WHO) dalam memperbaharui informasi soal ancaman virus corona wuhan. Ia memastikan, hingga saat ini selain 243 WNI, sejumlah ribuan WNI lain di dataran Tiongkok aman dari serangan virus tersebut.

"Kita kan tidak usah pertimbangan, ya ikuti saja kebijakan dunia mengenai kesehatan dunia itu kan sudah diatur dan mereka sudah teruji, kita jangan aneh-aneh membuat hal yang akan merugikan negara kita sendiri. Sudah ada yang ngatur, pinter, percaya. Virus, seperti saya kemukakan tadi, imunitas tubuh kita itu yang penting, jadi justru saya ingin coba imbauan kepada masyarakat untuk hidup sehat," tuturnya. 


Lihat Juga: Virus Corona Wuhan Muncul di 6 Negara, Belum Ada Obatnya


Tips Perlindungan Diri dari WHO

Untuk mengurangi risiko penularan virus Corona Wuhan, WHO mengumumkan rekomendasi standar pencegahan penyakit untuk publik, yaitu:

  • Sering-sering mencuci tangan dengan sabun atau cairan pembersih berbasis alkohol;
  • Ketika batuk dan bersin, tutup mulut dan hidung dengan tisu, kemudian segera buang tisu dan cuci tangan;
  • Hindari kontak dekat dengan siapa pun yang menderita demam dan batuk;
  • Jika Anda menderita demam, batuk, dan sulit bernapas, hubungi dokter dan jelaskan riwayat perjalanan Anda;
  • Jika Anda mengunjungi pasar di daerah-daerah yang sudah dilaporkan ada virus Corona Wuhan, hindari kontak langsung dengan hewan di sana;
  • Hindari konsumsi produk hewani seperti daging, telur, atau susu yang mentah atau setengah matang.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

RUU Ketahanan Keluarga Campuri Ranah Pribadi?

Kabar Baru Jam 13

Choirul Anwar: Masyarakat Harus Bijak Gunakan Popok