BERITA

Cegah Banjir Jakarta, Jokowi Minta Proyek Sodetan dan Normalisasi Sungai Segera Dikerjakan

""Saya minta sodetan Ciliwung menuju ke BKT itu tahun ini bisa dirampungkan.""

Cegah Banjir Jakarta, Jokowi Minta Proyek Sodetan dan Normalisasi Sungai Segera Dikerjakan
Presiden Joko Widodo. (Foto: www.setkab.go.id)

KBR, Jakarta - Demi mencegah banjir, Presiden Jokowi memerintahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono agar segera mengerjakan normalisasi atau naturalisasi sungai di Jakarta.

Jokowi juga memerintahkan pengerjaan sodetan yang menghubungkan Sungai Ciliwung dengan Banjir Kanal Timur (BKT).

"Saya minta sodetan Ciliwung menuju ke BKT itu tahun ini bisa dirampungkan. Saya kira bisa secepatnya dengan Gubernur untuk menyelesaikan masalah pembebasan lahannya. Dan juga pengerjaan-pengerjaan, meneruskan kembali, baik normalisasi atau naturalisasi di sungai-sungai yang ada di Jakarta," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Jokowi mengatakan normalisasi dan naturalisasi sungai harus segera dikerjakan supaya aliran air ke laut lebih lancar.

Jokowi juga mengingatkan Anies agar memperhatikan belasan sungai lain di Jakarta, seperti Sungai Pesanggrahan, Mookervaart, Cipinang, dan Buaran.

Ia menegaskan penanganan banjir di Jakarta harus dikerjakan secara menyeluruh, sehingga normalisasi dan naturalisasi juga harus dilakukan pada sungai yang lain.


Jokowi Kumpulkan Tiga Gubernur

Untuk membahas masalah ini, Jokowi mengadakan pertemuan dengan para gubernur wilayah yang terdampak banjir, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Banten Wahidin Halim. 

"Saya mengajak kita semua mengevaluasi total sistem pengendalian banjir, pengendalian bencana alam, dari hulu sampai hilir, sehingga betul-betul memiliki strategi besar jangka pendek, menengah, dan panjang. Yang saya tahu masterplan ini sudah ada, tapi implementasi perlu lebih detail lagi," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Jokowi juga mengaku sudah memerintahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya agar merehabilitasi hutan di Jawa Barat dan Banten.

Editor: Agus Luqman

  • banjir jakarta
  • banjir jabodetabek
  • normalisasi sungai

Komentar (1)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • chosen4 years ago

    Kami ingin menginformasikan kepada masyarakat umum bahwa PERUSAHAAN PINJAMAN GENERASI PILIHAN saat ini memberikan pinjaman dengan tingkat yang terjangkau 2% per tahun. Kami memberikan jumlah pinjaman minimum Rp20.000.000,00 dan jumlah maksimum Rp20.000.000.000,00. Jika Anda membutuhkan dana untuk ekspansi bisnis, keperluan pertanian, pembayaran utang, pinjaman mobil, dan pinjaman pendidikan, maka kami dapat sangat membantu dan membantu Anda. Untuk pertanyaan lebih lanjut tentang program kredit kami, kami sarankan Anda menghubungi email resmi kami yang tercantum di bawah ini:: [email protected] Whatsapp: https://wa.me/2349073656365