Cegah Banjir Jakarta, Jokowi Minta Proyek Sodetan dan Normalisasi Sungai Segera Dikerjakan

"Saya minta sodetan Ciliwung menuju ke BKT itu tahun ini bisa dirampungkan."

BERITA | NASIONAL

Rabu, 08 Jan 2020 18:55 WIB

Author

Dian Kurniati

Cegah Banjir Jakarta, Jokowi Minta Proyek Sodetan dan Normalisasi Sungai Segera Dikerjakan

Presiden Joko Widodo. (Foto: www.setkab.go.id)

KBR, Jakarta - Demi mencegah banjir, Presiden Jokowi memerintahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono agar segera mengerjakan normalisasi atau naturalisasi sungai di Jakarta.

Jokowi juga memerintahkan pengerjaan sodetan yang menghubungkan Sungai Ciliwung dengan Banjir Kanal Timur (BKT).

"Saya minta sodetan Ciliwung menuju ke BKT itu tahun ini bisa dirampungkan. Saya kira bisa secepatnya dengan Gubernur untuk menyelesaikan masalah pembebasan lahannya. Dan juga pengerjaan-pengerjaan, meneruskan kembali, baik normalisasi atau naturalisasi di sungai-sungai yang ada di Jakarta," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Jokowi mengatakan normalisasi dan naturalisasi sungai harus segera dikerjakan supaya aliran air ke laut lebih lancar.

Jokowi juga mengingatkan Anies agar memperhatikan belasan sungai lain di Jakarta, seperti Sungai Pesanggrahan, Mookervaart, Cipinang, dan Buaran.

Ia menegaskan penanganan banjir di Jakarta harus dikerjakan secara menyeluruh, sehingga normalisasi dan naturalisasi juga harus dilakukan pada sungai yang lain.


Jokowi Kumpulkan Tiga Gubernur

Untuk membahas masalah ini, Jokowi mengadakan pertemuan dengan para gubernur wilayah yang terdampak banjir, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Banten Wahidin Halim. 

"Saya mengajak kita semua mengevaluasi total sistem pengendalian banjir, pengendalian bencana alam, dari hulu sampai hilir, sehingga betul-betul memiliki strategi besar jangka pendek, menengah, dan panjang. Yang saya tahu masterplan ini sudah ada, tapi implementasi perlu lebih detail lagi," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Jokowi juga mengaku sudah memerintahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya agar merehabilitasi hutan di Jawa Barat dan Banten.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Pertumbuhan Ekonomi Minus, Pemerintah Gagal Manfaatkan Peluang?

Kabar Baru Jam 15

Mengulik Uji Coba Vaksin Covid-19

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13