BERITA

BNPB: Banjir Jabodetabek Telan 43 Korban Jiwa

"Ada yang meninggal karena terseret arus banjir, hipotermia, dan tersengat listrik."

Adi Ahdiat

BNPB: Banjir Jabodetabek Telan 43 Korban Jiwa
Genangan banjir di kawasan Kampung Baru, Kembangan, Jakarta Barat, Kamis malam (2/1/2020). (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta - Bencana banjir yang melanda Jabodetabek pada Rabu lalu (1/1/2020) menelan banyak korban jiwa.

"Data terbaru korban banjir besar yang terjadi di wilayah Jabodetabek hingga hari ini, Jumat (3/1/2020) pukul 09.00 WIB, adalah 43 jiwa," jelas humas BNPB Agus Wibowo dalam keterangan resminya, Jumat (3/1/2020).

Menurut data BNPB, korban jiwa paling banyak ada di Kabupaten Bogor, Kabupaten Lebak, Jakarta Timur, diikuti Kota Depok dan Bekasi.

Penyebab meninggalnya pun beragam, yakni:

    <li>Hilang : 1 orang</li>
    
    <li>Hipotermia: 3 orang</li>
    
    <li>Terseret arus banjir: 17 orang</li>
    
    <li>Tersengat listrik: 5 orang</li>
    
    <li>Tertimbun tanah longsor: 12 orang</li>
    
    <li>Masih dalam pendataan: 5 orang</li></ul>
    

    Selain korban jiwa, banjir Jabodetabek juga membuat puluhan ribu orang mengungsi. Di Jakarta, jumlah pengungsi mencapai sekitar 62 ribu orang. Sedangkan data pengungsi di kota-kota sekitarnya belum diumumkan.

    Menurut BNPB, banyak juga warga terdampak banjir yang memilih tetap tinggal di rumah untuk menjaga harta benda masing-masing.

    "Namun, ketika memilih untuk bertahan di rumah, kebutuhan makanan, minuman, air bersih serta pakaian menjadi terbatas," jelas BNPB.

    Kepala BNPB Doni Monardo pun meminta para pemimpin daerah tegas mengingatkan masyarakat untuk mengungsi, melihat prediksi cuaca ekstrem yang masih akan terjadi sampai pertengahan Februari 2020.

    “Sangat diharapakan ketegasan para pemimpin daerah untuk mengingatkan masyarakat. Harta penting, tetapi nyawa lebih penting,” ujar Doni dalam situs BNPB, Kamis (2/1/2020).

    Editor: Agus Luqman

  • banjir jabodetabek
  • banjir jakarta

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!