BERITA

Pemerintah Targetkan Inflasi 2021 Sebesar 3 Persen

Pemerintah Targetkan Inflasi 2021 Sebesar 3 Persen

KBR, Jakarta - Pemerintah dan Bank Indonesia menargetkan tingkat inflasi pada 2021 sebesar 3 persen. Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan, target itu sudah mempertimbangkan berbagai prospek dan daya saing perekonomian. Menurutnya, tren inflasi yang menurun sejak 2015, akan terus berlanjut hingga 2021.

"Pemerintah dan Bank Indonesia juga menyepakati bahwa dengan inflasi yang sudah terjaga selama dua tahun terakhir ini, untuk tahun 2018 dan tahun 2019, itu akan kita capai inflasi 3,5 plus minus 1 persen, dan di tahun 2020-2021 kita akan mencapai inflasi 3 plus minus 1 persen," kata Agus di kantornya, Rabu (25/01/17).


Agus mengatakan, tren laju inflasi yang terjaga itu sudah dimulai sejak 2015, sebesar 3,35 persen, berlanjut pada 2016 sebesar 3,02 persen year on year. Adapun tahun ini, pemerintah dan BI menagetkan laju inflasi berada di level 4 plus minus 1 persen.


Menurutnya, pemerintah bisa terus menjaga laju inflasi terus menurun, hingga empat tahun ke depan. Jurus yang disiapkan agar laju inflasi terkendali, misalnya memperkuat koordinasi dalam penentuan besaran dan waktu pengumuman kebijakan, seperti di sektor energi.


Pasalnya, ada harga di sektor energi yang diatur pemerintah atau administered prices, dan mempengaruhi laju inflasi, seperti tarif listrik dan bahan bakar minyak.

Editor: Sasmito

  • bank indonesia
  • Inflasi
  • agus martowardojo

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!